Young On Top

Apa Itu Account Executive? Definisi dan Tugasnya

Apa Itu Account Executive – Kamu pasti sering dengar istilah Account Executive (AE), tapi sebenarnya apa sih itu Account Executive? Nah, di artikel ini, kita bakal kupas tuntas tentang definisi dan tugas dari seorang Account Executive. Yuk, simak!

Baca Juga:

Apa Itu Account Executive? Definisi dan Tugasnya

Apa Itu Account Executive? Definisi dan Tugasnya

Definisi Account Executive

Account Executive adalah seseorang yang bekerja di bidang pemasaran dan bertanggung jawab untuk mengelola hubungan dengan klien atau pelanggan perusahaan. Mereka ini adalah jembatan penghubung antara perusahaan dan klien, memastikan bahwa kebutuhan dan harapan klien terpenuhi dengan baik. Biasanya, AE bekerja di industri periklanan, media, dan perusahaan yang menyediakan layanan bisnis ke bisnis (B2B).

Tugas-tugas Account Executive

  1. Mengelola Hubungan dengan Klien Tugas utama AE adalah menjaga hubungan baik dengan klien. Mereka harus selalu siap mendengarkan kebutuhan klien, memberikan solusi, dan memastikan klien merasa puas dengan layanan yang diberikan.
  2. Menyusun dan Menyampaikan Proposal AE sering kali bertanggung jawab menyusun proposal bisnis yang menarik untuk klien. Proposal ini bisa berupa rencana pemasaran, strategi kampanye, atau presentasi produk.
  3. Memantau Proyek AE harus memastikan bahwa setiap proyek berjalan sesuai rencana. Mereka memonitor perkembangan proyek, mengatasi masalah yang muncul, dan memastikan semuanya berjalan lancar sesuai dengan timeline yang sudah disepakati.
  4. Koordinasi dengan Tim Internal AE juga berperan sebagai penghubung antara klien dan tim internal perusahaan. Mereka harus bekerja sama dengan tim kreatif, produksi, dan lainnya untuk memastikan bahwa kebutuhan klien terpenuhi dengan baik.
  5. Menganalisis dan Melaporkan Kinerja Selain menjalankan proyek, AE juga harus menganalisis hasil dari setiap kampanye atau proyek yang dilakukan. Mereka harus bisa mengukur keberhasilan proyek dan melaporkannya kepada klien serta manajemen perusahaan.
  6. Mengembangkan Strategi Bisnis AE sering terlibat dalam pengembangan strategi bisnis untuk klien. Mereka membantu merancang strategi pemasaran yang efektif dan sesuai dengan target pasar klien.
  7. Negosiasi Kontrak AE juga bertanggung jawab dalam proses negosiasi kontrak dengan klien. Mereka harus memastikan bahwa kesepakatan yang tercapai menguntungkan kedua belah pihak.
  8. Mencari Peluang Baru Selain menjaga hubungan dengan klien yang sudah ada, AE juga harus proaktif mencari klien baru. Mereka harus bisa mengenali peluang bisnis baru dan mengembangkannya.
  9. Mengelola Anggaran AE harus bisa mengelola anggaran yang diberikan oleh klien untuk setiap proyek. Mereka harus memastikan bahwa semua biaya sesuai dengan perencanaan dan tidak melebihi anggaran yang disepakati.
  10. Menyediakan Layanan Purna Jual Setelah proyek selesai, AE tetap harus menjaga hubungan dengan klien. Mereka harus siap memberikan dukungan dan layanan tambahan yang dibutuhkan klien.

Jadi, itulah sekilas tentang apa itu Account Executive dan tugas-tugasnya. Peran AE sangat penting dalam memastikan kepuasan klien dan keberhasilan bisnis perusahaan. Kalau kamu tertarik dengan dunia pemasaran dan senang berinteraksi dengan banyak orang, profesi ini bisa jadi pilihan yang tepat!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Mitos Tentang Umum Soda

Mitos Soda – Soda adalah minuman yang sering menjadi pusat perhatian dalam diskusi kesehatan...

10 Fakta Menarik Tentang Soda

Fakta Soda – Soda adalah minuman bersoda yang populer di seluruh dunia. Meskipun sering...

Pentingnya Ciptakan Lingkungan Aman dan Inklusif untuk Semua

Pentingnya Ciptakan Lingkungan Aman dan Inklusif untuk Semua – Masa muda bagaikan kanvas...

Cara Menggali Potensi Bagi Anak Muda

Cara Menggali Potensi Bagi Anak Muda – Masa muda adalah masa yang penuh dengan potensi dan...