Young On Top

10 Tips Menggunakan Jurnal untuk Mengatasi Overthinking

Jurnal untuk Mengatasi Overthinking – Overthinking bisa bikin kita stres dan cemas, tapi ada cara buat ngatasinnya. Salah satunya dengan jurnal. Berikut 10 tips menggunakan jurnal buat kamu yang suka overthinking.

Baca juga:

Tips Menggunakan Jurnal untuk Mengatasi Overthinking

10 Tips Menggunakan Jurnal untuk Mengatasi Overthinking

1. Tulis Semua Pikiranmu

Kadang, kita overthinking karena banyak pikiran yang berseliweran di kepala. Coba tulis semua pikiran itu di jurnal. Nggak usah rapi, yang penting kamu curahin semuanya.

2. Buat Daftar Kekhawatiran

Bikin daftar kekhawatiran bisa bantu kamu mengidentifikasi apa aja yang bikin kamu overthinking. Dari situ, kamu bisa lebih fokus buat nyari solusinya.

3. Gunakan Teknik Menulis Bebas

Teknik ini efektif banget. Ambil pena dan kertas, terus tulis apa pun yang ada di pikiranmu selama 10-15 menit tanpa berhenti. Nggak usah mikirin struktur atau ejaan.

4. Tulis Hal Positif

Jangan cuma fokus ke hal negatif. Coba tulis hal-hal positif yang terjadi setiap hari. Ini bisa bantu kamu lebih bersyukur dan lihat sisi baik dari hidup.

5. Jurnal Visual

Kalau kamu suka gambar, coba bikin jurnal visual. Gambarlah perasaan atau pikiranmu. Ini bisa jadi cara yang menyenangkan buat meredakan overthinking.

6. Refleksi Diri

Setiap akhir minggu, coba baca ulang tulisanmu. Ini bisa bantu kamu lihat pola pikiran yang bikin overthinking dan cari cara buat nguranginnya.

7. Buat Rencana Tindakan

Setelah mengidentifikasi kekhawatiran, tulis rencana tindakan. Apa yang bisa kamu lakukan buat ngatasin kekhawatiran itu? Dengan punya rencana, kamu bisa merasa lebih tenang.

8. Gunakan Prompt Jurnal

Kalau bingung mau nulis apa, pakai prompt jurnal. Pertanyaan kayak “Apa yang bikin aku cemas hari ini?” atau “Apa yang bisa aku syukuri?” bisa jadi pemicu buat mulai menulis.

9. Atur Waktu Menulis

Tentuin waktu khusus buat nulis jurnal. Misalnya, setiap pagi atau sebelum tidur. Konsistensi bisa bantu kamu lebih teratur dalam mengatasi overthinking.

10. Jangan Terlalu Keras Pada Diri Sendiri

Ingat, tujuan jurnal adalah buat bantu kamu merasa lebih baik, bukan malah bikin stres. Jadi, jangan terlalu keras sama diri sendiri kalau nggak bisa nulis setiap hari atau kalau tulisannya berantakan.

Menggunakan jurnal sebagai alat untuk mengatasi overthinking butuh waktu dan latihan. Tapi dengan konsistensi dan kesabaran, kamu bisa ngerasain manfaatnya. Jadi, mulai aja dulu dan nikmati prosesnya!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Kandungan Gandum, Wajib Tahu!

Kandungan Gandum – Gandum pada dasarnya terdiri dari beberapa komponen utama yang menyediakan...

10 Manfaat Kesehatan dari Gandum

Manfaat Gandum – Gandum utuh telah lama dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya akan...

10 Mitos Gandum yang Perlu Dibantah!

Mitos Gandum – Gandum adalah salah satu sumber makanan pokok yang penting di seluruh dunia...

10 Fakta Menarik tentang Gandum

Fakta Gandum – Gandum adalah salah satu tanaman biji-bijian yang paling penting dan banyak...