Young On Top

10 Mitos Jurusan Broadcasting yang Harus Kamu Ketahui

Mitos Jurusan Broadcasting – Jurusan broadcasting selalu jadi salah satu pilihan menarik buat calon mahasiswa. Tapi sayangnya, ada banyak mitos yang beredar tentang jurusan ini. Yuk, kita bongkar 10 mitos jurusan broadcasting yang sering bikin salah paham.

Baca juga:

Mitos Jurusan Broadcasting yang Harus Kamu Ketahui

10 Mitos Jurusan Broadcasting yang Harus Kamu Ketahui

1. Broadcasting Itu Cuma Belajar Tentang TV dan Radio

Mitos terbesar ini sering banget kedengeran. Padahal, broadcasting nggak cuma tentang TV dan radio. Kamu juga akan belajar tentang media digital, produksi film, podcasting, dan konten multimedia lainnya. Jadi, ilmunya lebih luas dari yang kamu kira.

2. Jurusan Broadcasting Itu Gampang

Ada yang bilang jurusan ini gampang dan santai. Faktanya, kamu akan menghadapi banyak tugas praktis yang butuh kreativitas tinggi, deadline ketat, dan kerja tim yang solid. Nggak semudah itu, Ferguso!

3. Hanya Buat Kamu yang Suka Ngomong di Depan Kamera

Nggak semua mahasiswa broadcasting bercita-cita jadi presenter atau host. Jurusan ini juga buat kamu yang tertarik di belakang layar, seperti editing video, penulisan naskah, sound engineering, dan banyak lagi.

4. Nggak Ada Matematika di Jurusan Broadcasting

Kamu yang nggak suka matematika mungkin berharap mitos ini benar. Sayangnya, beberapa aspek broadcasting seperti pengaturan anggaran produksi dan statistik audiens tetap butuh kemampuan matematika dasar.

5. Kerja di Broadcasting Selalu Glamor

Bayangan kerja di industri broadcasting seringkali diwarnai dengan kehidupan yang glamor. Padahal, banyak juga kerja di balik layar yang penuh tantangan dan jauh dari sorotan kamera.

6. Broadcasting Itu Jurusan yang Mahal

Memang, ada beberapa alat dan teknologi yang harus kamu pelajari dan itu nggak murah. Tapi, banyak kampus yang menyediakan fasilitas lengkap buat mahasiswanya. Kamu juga bisa pinjam alat dari kampus atau temen.

7. Gampang Dapat Kerja Setelah Lulus

Meski jurusan ini punya prospek kerja yang luas, persaingan di industri kreatif sangat ketat. Kamu harus punya skill yang menonjol dan portofolio yang kuat untuk bersaing di dunia kerja.

8. Hanya untuk Kamu yang Ekstrovert

Mitos ini salah besar. Banyak introvert sukses di bidang broadcasting karena mereka punya keahlian khusus yang dibutuhkan di industri ini, seperti editing dan penulisan naskah. Jadi, apapun kepribadianmu, kamu bisa sukses di jurusan ini.

9. Nggak Punya Prospek Karir yang Jelas

Banyak yang bilang karir di broadcasting nggak jelas dan nggak stabil. Faktanya, dengan berkembangnya media digital, kesempatan kerja di bidang ini justru semakin luas. Kamu bisa kerja di banyak sektor, dari media konvensional sampai start-up teknologi.

10. Harus Punya Peralatan Mahal Sendiri

Sebenarnya, nggak harus punya peralatan mahal sendiri untuk belajar broadcasting. Banyak kampus yang menyediakan fasilitas lengkap. Selain itu, kamu bisa mulai belajar dengan peralatan yang sederhana dulu.

Jadi, jangan percaya begitu saja dengan mitos-mitos yang beredar tentang jurusan broadcasting. Setiap jurusan punya tantangan dan keuntungannya sendiri. Yang paling penting, pilihlah jurusan yang sesuai dengan passion dan minat kamu, bukan karena mitos yang beredar. Semoga artikel ini bisa membantu kamu melihat jurusan broadcasting dengan lebih jelas!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

YOTNC 2024: Reuni Para Big Circle Terkemuka

Jakarta, 13 Juli 2024 – Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young...

YOTNC 2024: Building Network & Business

Jakarta, 13 Juli 2024 – Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young...

YOTNC 2024: Mengupas Mindfulness Tentang Kesadaran Mental

Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young On Top National Conference...

YOTNC 2024: Strategi Sukses Menjadi Content Creator

Dalam acara Yottalks kali ini, tiga pembicara hebat di dunia content creative berbagi wawasan dan...