Young On Top

10 Efek Samping Konsumsi Bawang Putih Berlebihan

Efek Samping Konsumsi Bawang Putih – Bawang putih memang terkenal punya banyak manfaat kesehatan, tapi kalau dikonsumsi berlebihan, bisa jadi malah bikin masalah, lho. Yuk, simak apa aja efek samping yang mungkin kamu rasakan kalau kebanyakan makan bawang putih!

Baca Juga:

Efek Samping Konsumsi Bawang Putih Berlebihan

Efek Samping Konsumsi Bawang Putih Berlebihan

1. Bau Mulut yang Menyengat

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang bisa bikin napas kamu bau banget. Bau ini bisa bertahan cukup lama, bahkan setelah kamu sikat gigi atau makan permen karet.

2. Masalah Pencernaan

Konsumsi bawang putih terlalu banyak bisa bikin perut kembung, diare, atau rasa mual. Buat yang punya masalah lambung, harus ekstra hati-hati.

3. Iritasi Kulit

Sentuhan langsung dengan bawang putih mentah bisa menyebabkan iritasi kulit atau dermatitis. Jadi, pastikan tangan kamu selalu dicuci bersih setelah mengolah bawang putih.

4. Menurunkan Tekanan Darah Terlalu Rendah

Bawang putih dikenal bisa membantu menurunkan tekanan darah. Tapi, kalau dikonsumsi berlebihan, tekanan darah kamu bisa jadi terlalu rendah dan bikin pusing atau lemas.

5. Mengganggu Pembekuan Darah

Bawang putih punya efek pengencer darah alami. Konsumsi dalam jumlah banyak bisa menghambat pembekuan darah, yang berisiko buat kamu yang mau menjalani operasi atau punya masalah pendarahan.

6. Interaksi dengan Obat-Obatan

Buat kamu yang minum obat tertentu, bawang putih bisa mengganggu efek obat tersebut. Misalnya, obat pengencer darah, obat HIV, atau obat kontrasepsi.

7. Alergi

Beberapa orang bisa alergi terhadap bawang putih. Gejala alergi bisa berupa ruam, gatal-gatal, atau sesak napas. Kalau kamu merasa ada reaksi alergi, segera hentikan konsumsi dan konsultasi ke dokter.

8. Masalah Pernapasan

Menghirup aroma bawang putih yang kuat bisa bikin iritasi saluran pernapasan, terutama buat kamu yang punya asma atau masalah pernapasan lainnya.

9. Sakit Kepala

Beberapa orang melaporkan sakit kepala setelah makan bawang putih berlebihan. Ini bisa disebabkan oleh senyawa sulfur yang terkandung dalam bawang putih.

10. Efek pada Hati

Konsumsi bawang putih dalam jumlah sangat banyak bisa berdampak negatif pada fungsi hati. Meski jarang terjadi, tapi penting untuk kamu ketahui risiko ini.

Bawang putih memang punya banyak manfaat kesehatan, tapi tetap harus dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Jangan sampai niat sehat malah berujung masalah karena kebanyakan makan bawang putih. Kalau kamu punya kondisi kesehatan tertentu atau minum obat, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum menambah konsumsi bawang putih.

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Strategi Pemasaran Efektif untuk Studio Foto

Strategi Pemasaran Studio Foto – Punya studio foto tapi bingung gimana caranya biar makin...

10 Ide Layanan untuk Meningkatkan Pendapatan Studio Foto

Ide Layanan Studio Foto – Bisnis fotografi sekarang semakin kompetitif, jadi kamu perlu ide...

10 Tips Memilih Lokasi yang Tepat untuk Studio Foto

Tips Memilih Lokasi Studio Foto – Memilih lokasi yang tepat buat studio foto nggak bisa...

Panduan Memulai Bisnis Studio Foto dari Nol

Panduan Bisnis Studio Foto – Mau mulai bisnis studio foto dari nol tapi bingung harus mulai...