Young On Top

Mengenal 10 Hal Tentang Onboarding Karyawan

Mengenal Onboarding Karyawan – Onboarding karyawan itu proses penting banget buat perusahaan. Gak cuma buat ngenalin karyawan baru sama perusahaan, tapi juga bikin mereka nyaman dan produktif. Yuk, kita bahas 10 hal yang harus kamu tahu tentang onboarding karyawan!

Baca juga:

Mengenal 10 Hal Tentang Onboarding Karyawan

Mengenal 10 Hal Tentang Onboarding Karyawan

1. Apa Itu Onboarding?

Onboarding itu proses yang dilakuin perusahaan buat ngebantu karyawan baru adaptasi sama lingkungan kerja. Ini mencakup segala hal, dari pengenalan perusahaan sampai pelatihan awal.

2. Kenapa Onboarding Penting?

Onboarding penting karena bisa bikin karyawan baru cepat adaptasi dan produktif. Karyawan yang di-onboard dengan baik cenderung lebih puas, loyal, dan performanya lebih baik.

3. Mulai dari Sebelum Hari Pertama

Onboarding gak harus nunggu hari pertama kerja. Kamu bisa mulai dari sebelum hari pertama, seperti ngirim email selamat datang atau paket onboarding yang berisi info penting.

4. Perkenalan dengan Tim

Hari pertama, kenalin karyawan baru ke timnya. Ini bisa bantu mereka merasa diterima dan ngerti siapa aja yang bakal kerja bareng.

5. Panduan Kerja

Kasih panduan kerja yang jelas. Ini termasuk tugas-tugas yang bakal mereka kerjain, alur kerja, dan tools yang digunakan. Panduan yang jelas bikin karyawan gak bingung dan bisa langsung kerja.

6. Pelatihan dan Pengembangan

Pelatihan itu bagian penting dari onboarding. Pastikan karyawan baru dapet pelatihan yang cukup buat ngejalanin tugasnya. Jangan lupa, tawarin juga peluang pengembangan supaya mereka bisa terus belajar dan berkembang.

7. Feedback dan Evaluasi

Jangan tunggu akhir tahun buat ngasih feedback. Selama masa onboarding, kasih evaluasi secara berkala. Ini bisa bantu karyawan tahu apa yang harus diperbaiki dan apa yang udah bagus.

8. Budaya Perusahaan

Kenalin budaya perusahaan sejak awal. Ceritain nilai-nilai perusahaan, tradisi, dan etika kerja yang diharapkan. Ini bisa bikin karyawan lebih cepat nyambung sama lingkungan kerja.

9. Dukungan dari Atasan

Pastikan atasan langsung karyawan baru terlibat aktif dalam onboarding. Dukungan dan arahan dari atasan bikin karyawan merasa dihargai dan punya panduan yang jelas.

10. Feedback dari Karyawan Baru

Setelah masa onboarding selesai, minta feedback dari karyawan baru. Tanya apa yang mereka rasain, apa yang kurang, dan apa yang perlu diperbaiki. Ini bisa jadi bahan evaluasi buat program onboarding selanjutnya.

Onboarding karyawan itu gak boleh dianggap remeh. Dengan proses onboarding yang baik, kamu bisa bikin karyawan baru lebih cepat adaptasi, merasa nyaman, dan jadi produktif. Jadi, pastikan proses onboarding di perusahaanmu udah berjalan dengan baik ya!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Strategi Copywriting yang Memikat untuk Iklan Facebook

Copywriting Iklan Facebook – Kamu lagi cari cara buat bikin iklan Facebook yang lebih efektif?...

10 Contoh Copywriting Terbaik dari Brand Terkenal

Contoh Copywriting Brand Terkenal – Copywriting itu seni bikin kata-kata yang bisa ngebujuk...

10 Sumber Inspirasi Terbaik untuk Ide Copywriting

Sumber Inspirasi Ide Copywriting – Lagi nyari inspirasi buat ide copywriting yang keren dan...

10 Poin Penting dari YOTNC 2024

Poin Penting YOTNC 2024 – Jakarta, 13 Juli 2024 – Event tahunan Young On Top kembali...