Young On Top

Gelato vs Es Krim: Apa Bedanya?

Bedanya Gelato Es Krim – Kamu mungkin sering dengar gelato dan es krim, tapi apa sih bedanya? Kedua makanan penutup ini emang sama-sama enak dan menyegarkan, tapi ternyata ada beberapa perbedaan utama yang bikin gelato dan es krim unik. Yuk, kita bahas 10 poin perbedaannya!

Baca juga:

Gelato vs Es Krim: Apa Bedanya?

Gelato vs Es Krim: Apa Bedanya?

1. Bahan Utama

Gelato dan es krim punya bahan dasar yang mirip, yaitu susu, krim, dan gula. Bedanya, gelato biasanya pakai lebih banyak susu daripada krim, sedangkan es krim lebih banyak krimnya.

2. Kandungan Lemak

Karena pakai lebih banyak krim, es krim punya kandungan lemak yang lebih tinggi daripada gelato. Ini bikin es krim lebih creamy dan kaya rasa.

3. Tekstur

Gelato punya tekstur yang lebih padat dan halus dibanding es krim. Ini karena gelato diaduk dengan kecepatan lebih lambat sehingga lebih sedikit udara yang masuk.

4. Suhu Penyajian

Gelato disajikan pada suhu yang sedikit lebih hangat dibanding es krim, sekitar -12°C, sedangkan es krim disajikan pada suhu sekitar -18°C. Suhu yang lebih hangat bikin gelato lebih lembut dan langsung meleleh di mulut.

5. Rasa

Karena teksturnya yang lebih padat dan suhu yang lebih hangat, rasa gelato biasanya lebih kuat dan lebih intens dibanding es krim.

6. Kandungan Udara

Es krim punya kandungan udara yang lebih banyak karena diaduk dengan kecepatan tinggi, sehingga teksturnya lebih ringan dan lembut. Sebaliknya, gelato punya lebih sedikit udara sehingga lebih padat.

7. Cara Penyajian

Gelato biasanya disajikan dalam scoop yang lebih kecil karena teksturnya yang lebih padat dan rasanya yang lebih kuat. Es krim lebih sering disajikan dalam scoop yang besar.

8. Varian Rasa

Gelato sering kali punya rasa yang lebih bervariasi dan eksotis, seperti pistachio, tiramisu, atau buah-buahan segar. Es krim biasanya punya rasa klasik seperti cokelat, vanila, dan stroberi.

9. Asal Usul

Gelato berasal dari Italia dan punya tradisi panjang sebagai makanan penutup yang elegan. Es krim punya sejarah panjang di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat yang terkenal dengan es krim sundae dan milkshake-nya.

10. Kandungan Gula

Gelato biasanya punya kandungan gula yang lebih sedikit dibanding es krim. Ini bikin gelato terasa lebih ringan dan nggak terlalu manis.

Jadi, itulah 10 poin perbedaan antara gelato dan es krim. Keduanya punya keunikan masing-masing, tergantung selera kamu mau yang mana. Mau yang lebih creamy dan manis, pilih es krim. Kalau mau yang lebih padat dan intens rasanya, gelato jawabannya! Selamat menikmati!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

YOTNC 2024: Reuni Para Big Circle Terkemuka

Jakarta, 13 Juli 2024 – Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young...

YOTNC 2024: Building Network & Business

Jakarta, 13 Juli 2024 – Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young...

YOTNC 2024: Mengupas Mindfulness Tentang Kesadaran Mental

Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young On Top National Conference...