Young On Top

10 Cara Mudah Membuat Abon Sapi di Rumah

Cara Membuat Abon Sapi – Bikin abon sapi sendiri di rumah tuh nggak sesulit yang kamu bayangin, lho! Selain lebih hemat, kamu juga bisa sesuaikan rasa abon sesuai selera. Yuk, simak 10 cara mudah bikin abon sapi di rumah berikut ini.

Baca juga:

Cara Mudah Membuat Abon Sapi di Rumah

10 Cara Mudah Membuat Abon Sapi di Rumah

1. Pilih Daging Sapi yang Tepat

Pertama-tama, pilih daging sapi yang tanpa lemak dan segar. Bagian yang cocok buat abon biasanya daging paha atau sengkel. Daging yang nggak banyak lemak bikin abon lebih enak dan tahan lama.

2. Rebus Daging Sampai Empuk

Rebus daging sapi dengan air secukupnya sampai empuk. Tambahin daun salam dan serai biar aroma daging lebih harum. Proses ini kira-kira butuh waktu sekitar 1-2 jam.

3. Suwir Daging

Setelah daging empuk, angkat dan tiriskan. Tunggu sampai daging agak dingin, terus suwir-suwir daging sampai halus. Kamu bisa pakai garpu atau tangan, sesuai kenyamanan.

4. Haluskan Bumbu

Siapkan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, dan serai. Halusin semua bumbu ini pake blender atau cobek. Jangan lupa tambahin garam, gula, dan penyedap rasa.

5. Tumis Bumbu

Panaskan sedikit minyak di wajan, terus tumis bumbu halus sampai harum dan matang. Tumis dengan api kecil biar bumbu nggak gosong.

6. Masukkan Daging Suwir

Masukkan daging sapi yang sudah disuwir ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu yang sudah ditumis. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk biar bumbu meresap sempurna.

7. Tambahkan Santan

Tuang santan ke dalam wajan, aduk terus sampai santan meresap ke daging. Proses ini bikin abon jadi lebih gurih dan lembut.

8. Goreng Abon

Setelah santan meresap, goreng abon dengan api kecil sampai kering dan berwarna kecokelatan. Aduk-aduk terus biar abon nggak gosong dan matangnya merata.

9. Tiriskan Abon

Angkat abon dari wajan, terus tiriskan di atas kertas minyak atau tisu dapur buat ngilangin minyak yang berlebih. Pastikan abon benar-benar kering biar tahan lama.

10. Simpan Abon

Simpan abon yang sudah jadi di toples kedap udara. Abon sapi siap dinikmati kapan aja, bisa buat lauk atau camilan.

Tips Tambahan

  • Penyimpanan: Biar abon awet, pastikan toples penyimpanan benar-benar kering dan bersih. Simpan di tempat yang sejuk dan kering.
  • Variasi Rasa: Kamu bisa tambahin bahan lain seperti cabai atau kecap manis buat variasi rasa abon.
  • Penyajian: Abon sapi enak disajikan dengan nasi hangat, ketan, atau bisa juga sebagai isian roti dan lemper.

Dengan cara-cara di atas, sekarang kamu bisa bikin abon sapi sendiri di rumah dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

YOTNC 2024: Reuni Para Big Circle Terkemuka

Jakarta, 13 Juli 2024 – Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young...

YOTNC 2024: Building Network & Business

Jakarta, 13 Juli 2024 – Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young...

YOTNC 2024: Mengupas Mindfulness Tentang Kesadaran Mental

Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young On Top National Conference...