Young On Top

10 Studi Kasus Onboarding Terbaik di Perusahaan Terkemuka

Studi Kasus Onboarding Perusahaan – Onboarding karyawan baru itu penting banget buat perusahaan. Dengan onboarding yang baik, karyawan bisa lebih cepat beradaptasi dan produktif. Nah, di bawah ini ada 10 studi kasus onboarding terbaik di perusahaan terkemuka yang bisa jadi inspirasi buat kamu.

Baca juga:

Studi Kasus Onboarding Terbaik di Perusahaan Terkemuka

10 Studi Kasus Onboarding Terbaik di Perusahaan Terkemuka

1. Google: Buddy System

Google punya program onboarding yang dikenal dengan “Buddy System”. Di sini, karyawan baru dipasangkan dengan karyawan yang lebih senior (buddy) yang bakal bantu mereka memahami budaya perusahaan dan tanggung jawab pekerjaan. Buddy ini biasanya sudah bekerja di Google selama beberapa tahun dan bisa jadi mentor yang baik buat karyawan baru.

2. Facebook: Bootcamp

Facebook punya program onboarding bernama “Bootcamp”. Selama enam minggu pertama, karyawan baru akan mendapatkan pelatihan intensif tentang teknologi dan budaya perusahaan. Mereka juga bisa memilih tim mana yang mau mereka bergabung setelah selesai Bootcamp. Ini bikin karyawan baru merasa lebih terlibat dan punya kesempatan eksplorasi.

3. Netflix: Freedom and Responsibility

Netflix punya pendekatan yang berbeda dengan “Freedom and Responsibility”. Mereka nggak punya banyak aturan ketat buat karyawan baru, tapi mereka diharapkan bisa mengambil inisiatif dan tanggung jawab sendiri. Karyawan baru diberi kebebasan untuk belajar dan berkembang, dengan dukungan dari rekan kerja dan manajer mereka.

4. Zappos: The Offer

Zappos terkenal dengan budaya perusahaan yang unik. Salah satu bagian dari onboarding mereka adalah “The Offer”. Setelah minggu pertama pelatihan, karyawan baru ditawari $2.000 untuk mengundurkan diri jika mereka merasa perusahaan ini nggak cocok buat mereka. Ini memastikan bahwa yang tetap bekerja di Zappos adalah mereka yang benar-benar termotivasi dan cocok dengan budaya perusahaan.

5. HubSpot: Culture Code

HubSpot punya “Culture Code” yang jadi panduan onboarding mereka. Karyawan baru diajak untuk memahami dan mempraktikkan nilai-nilai perusahaan sejak hari pertama. Mereka juga punya program mentoring yang kuat untuk memastikan karyawan baru merasa didukung dan bisa berkembang dengan baik di lingkungan kerja.

6. LinkedIn: InDay

LinkedIn punya program onboarding yang unik disebut “InDay”. Setiap bulan, ada satu hari di mana karyawan baru (dan lama) bisa fokus pada pengembangan diri, baik melalui pelatihan, workshop, atau kegiatan volunteer. Ini membantu karyawan baru merasa dihargai dan diberi kesempatan untuk tumbuh.

7. Twitter: Yes to Desk

Program onboarding Twitter dikenal dengan nama “Yes to Desk”. Sejak hari pertama, semua kebutuhan karyawan baru sudah disiapkan, mulai dari perangkat kerja hingga akun email dan software yang dibutuhkan. Ini memastikan bahwa mereka bisa langsung produktif tanpa harus menunggu lama.

8. Airbnb: Ground Control

Airbnb punya tim khusus yang disebut “Ground Control” untuk menangani onboarding. Tim ini bertugas memastikan karyawan baru merasa diterima dan punya semua informasi yang mereka butuhkan. Program ini melibatkan berbagai aktivitas sosial dan budaya untuk membantu karyawan baru terhubung dengan rekan kerja dan memahami nilai-nilai perusahaan.

9. Shopify: Hack Days

Shopify punya program onboarding yang mencakup “Hack Days”. Selama beberapa hari pertama, karyawan baru diajak untuk ikut serta dalam proyek kreatif dan kolaboratif. Ini nggak cuma buat mengenalkan mereka pada teknologi dan alat yang digunakan di perusahaan, tapi juga untuk membangun hubungan dengan tim mereka.

10. Microsoft: The Microsoft Academy for College Hires (MACH)

Microsoft punya program onboarding yang disebut MACH untuk karyawan baru yang baru lulus kuliah. Program ini menawarkan pelatihan intensif selama dua tahun yang mencakup pengembangan keterampilan teknis dan kepemimpinan. Karyawan baru juga diberi kesempatan untuk rotasi pekerjaan di berbagai tim untuk mendapatkan pengalaman yang lebih luas.

Itulah 10 studi kasus onboarding terbaik di perusahaan terkemuka. Semoga bisa jadi inspirasi buat kamu dalam merancang program onboarding yang efektif di perusahaan kamu. Dengan onboarding yang baik, karyawan baru bisa lebih cepat merasa nyaman dan produktif di lingkungan kerja baru mereka.

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Strategi Pemasaran Efektif untuk Studio Foto

Strategi Pemasaran Studio Foto – Punya studio foto tapi bingung gimana caranya biar makin...

10 Ide Layanan untuk Meningkatkan Pendapatan Studio Foto

Ide Layanan Studio Foto – Bisnis fotografi sekarang semakin kompetitif, jadi kamu perlu ide...

10 Tips Memilih Lokasi yang Tepat untuk Studio Foto

Tips Memilih Lokasi Studio Foto – Memilih lokasi yang tepat buat studio foto nggak bisa...

Panduan Memulai Bisnis Studio Foto dari Nol

Panduan Bisnis Studio Foto – Mau mulai bisnis studio foto dari nol tapi bingung harus mulai...