Young On Top

10 Perbedaan Roti Baguette Asli Perancis dan Versi Internasional

Perbedaan Roti Baguette Asli Perancis dan Versi Internasional – Roti baguette, kamu pasti sering melihatnya di berbagai toko roti atau di restoran. Tapi tahukah kamu, ada perbedaan mencolok antara baguette asli Perancis dengan versi internasionalnya? Yuk, simak informasinya!

Baca Juga:

Perbedaan Roti Baguette Asli Perancis dan Versi Internasional

10 Perbedaan Roti Baguette Asli Perancis dan Versi Internasional

1. Bahan Baku Utama

Baguette asli Perancis biasanya menggunakan tepung terigu yang bermutu tinggi dan air tanpa klorin. Sedangkan versi internasional sering kali menggunakan tepung biasa dan air keran.

2. Panjang dan Bentuk

Baguette Perancis memiliki panjang sekitar 65 hingga 80 cm dengan bentuk yang lebih ramping dan ujung yang tajam. Baguette internasional mungkin memiliki panjang dan bentuk yang bervariasi lebih dari itu.

3. Tekstur Kulit

Kulit baguette Perancis cenderung lebih renyah dan seringkali memiliki “telinga” yang terbentuk secara alami. Baguette versi internasional mungkin memiliki kulit yang lebih lembut atau kurang renyah.

4. Proses Pembuatan

Di Perancis, baguette dibuat dengan proses fermentasi dan pemanggangan khusus yang memberikan rasa dan tekstur unik. Versi internasional mungkin menggunakan proses pembuatan yang lebih singkat atau metode yang berbeda.

5. Rasa dan Aroma

Baguette asli Perancis sering kali memiliki rasa yang lebih kompleks dan aroma yang khas karena proses fermentasinya yang panjang. Baguette internasional mungkin memiliki rasa yang lebih netral atau tergantung pada bahan tambahan yang digunakan.

6. Kandungan Gluten

Baguette Perancis cenderung memiliki kandungan gluten yang lebih tinggi karena menggunakan tepung yang lebih murni. Baguette internasional mungkin menggunakan tepung dengan kandungan gluten yang lebih rendah.

7. Tradisi Lokal

Di Perancis, pembuatan baguette adalah bagian dari tradisi panjang dan budaya roti yang kaya. Di tempat lain, baguette mungkin diproduksi dengan penekanan pada efisiensi dan konsistensi.

8. Kelezatan Sebagai Pendamping Makanan

Baguette Perancis sering dipilih karena kemampuannya untuk menemani berbagai hidangan, mulai dari keju hingga hidangan berkuah. Baguette internasional mungkin lebih berfokus pada kepraktisan atau kecepatan dalam produksi.

9. Harga dan Ketersediaan

Baguette asli Perancis mungkin lebih sulit ditemukan di luar Perancis dan harganya bisa lebih tinggi karena faktor impor dan kualitas bahan baku.

10. Pengakuan dan Perlindungan Tradisional

Baguette Perancis memiliki status yang dilindungi secara hukum di Perancis untuk memastikan standar kualitas dan keaslian. Versi internasional mungkin tidak memiliki pengakuan serupa.

Dengan memahami perbedaan ini, kamu bisa lebih menghargai baguette dan mengetahui apa yang membuat baguette asli Perancis begitu istimewa. Jadi, mana baguette favoritmu?

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Kandungan Gandum, Wajib Tahu!

Kandungan Gandum – Gandum pada dasarnya terdiri dari beberapa komponen utama yang menyediakan...

10 Manfaat Kesehatan dari Gandum

Manfaat Gandum – Gandum utuh telah lama dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya akan...

10 Mitos Gandum yang Perlu Dibantah!

Mitos Gandum – Gandum adalah salah satu sumber makanan pokok yang penting di seluruh dunia...

10 Fakta Menarik tentang Gandum

Fakta Gandum – Gandum adalah salah satu tanaman biji-bijian yang paling penting dan banyak...