Young On Top

10 Peran Account Executive dalam Industri Periklanan

Peran Account Executive – Dalam industri periklanan, peran Account Executive (AE) sangat krusial. Mereka adalah penghubung antara klien dan tim kreatif. Kalau kamu penasaran apa saja peran AE dalam industri ini, yuk simak artikel berikut!

Baca Juga:

Peran Account Executive dalam Industri Periklanan

10 Peran Account Executive dalam Industri Periklanan

1. Mengelola Hubungan dengan Klien

Peran utama AE adalah menjaga hubungan baik dengan klien. Mereka harus memastikan kebutuhan klien terpenuhi dan memelihara komunikasi yang efektif.

2. Menyusun Brief Kreatif

AE bertanggung jawab untuk menyusun brief kreatif yang jelas dan detail. Brief ini akan menjadi panduan bagi tim kreatif dalam mengembangkan ide-ide iklan.

3. Menyampaikan Feedback dari Klien

Setelah tim kreatif menyusun konsep iklan, AE akan menyampaikan feedback dari klien. Ini penting agar hasil akhirnya sesuai dengan harapan klien.

4. Mengatur Timeline Proyek

AE harus memastikan semua proyek berjalan sesuai jadwal. Mereka harus mengatur timeline yang realistis dan memastikan semua pihak terlibat mematuhinya.

5. Menyusun Anggaran

AE bertugas menyusun anggaran untuk setiap proyek iklan. Mereka harus memastikan anggaran ini realistis dan sesuai dengan kebutuhan klien.

6. Mengelola Negosiasi

Negosiasi dengan klien maupun vendor adalah salah satu peran AE. Mereka harus memiliki keterampilan negosiasi yang baik untuk mendapatkan kesepakatan terbaik.

7. Menyusun Laporan Progres

AE juga bertanggung jawab menyusun laporan progres untuk klien. Laporan ini harus informatif dan menunjukkan perkembangan proyek secara detail.

8. Menyediakan Dukungan Teknis

Kadang-kadang, AE perlu menyediakan dukungan teknis, terutama saat ada masalah yang mempengaruhi jalannya proyek. Mereka harus siap membantu dan mencari solusi terbaik.

9. Mengidentifikasi Peluang Baru

AE harus proaktif dalam mengidentifikasi peluang bisnis baru. Mereka harus jeli melihat potensi kerja sama baru yang bisa menguntungkan agensi.

10. Menghadiri Meeting dan Presentasi

AE harus siap menghadiri berbagai meeting dan presentasi, baik internal maupun dengan klien. Kemampuan presentasi yang baik sangat penting dalam peran ini.

Peran Account Executive dalam industri periklanan sangat beragam dan menantang. Kalau kamu tertarik dengan dunia periklanan dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, peran ini bisa jadi pilihan karirmu. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan gambaran jelas tentang peran AE dalam industri periklanan!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Mitos Tentang Umum Soda

Mitos Soda – Soda adalah minuman yang sering menjadi pusat perhatian dalam diskusi kesehatan...

10 Fakta Menarik Tentang Soda

Fakta Soda – Soda adalah minuman bersoda yang populer di seluruh dunia. Meskipun sering...

Pentingnya Ciptakan Lingkungan Aman dan Inklusif untuk Semua

Pentingnya Ciptakan Lingkungan Aman dan Inklusif untuk Semua – Masa muda bagaikan kanvas...

Cara Menggali Potensi Bagi Anak Muda

Cara Menggali Potensi Bagi Anak Muda – Masa muda adalah masa yang penuh dengan potensi dan...