Young On Top

10 Mitos Umum Seputar Kecap

Mitos Kecap – Kecap adalah salah satu bumbu yang sangat populer di seluruh dunia, tetapi terdapat beberapa kesalahpahaman yang seringkali keliru tersebar. Berikut adalah sepuluh kesalahpahaman seputar kecap yang perlu diungkap:

10 Mitos Kecap

Baca Juga:

1. Mitos Kecap: Mengandung Kadar Alkohol Tinggi

Sebagian orang mengira kecap mengandung alkohol tinggi karena proses fermentasinya. Namun, kebanyakan kecap komersial mengalami pemanasan setelah fermentasi, sehingga kadar alkoholnya sangat rendah atau bahkan tidak ada.

2. Mitos Kecap: Menyebabkan Kenaikan Berat Badan

Meskipun kecap mengandung gula, lemak, dan garam, konsumsi yang moderat tidak secara langsung menyebabkan kenaikan berat badan. Yang penting adalah mengontrol jumlah total kalori yang dikonsumsi sehari-hari.

3. Mitos Kecap: Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Sebenarnya, kecap tidak mengandung kolesterol. Kecap biasanya dibuat dari kedelai dan garam, tanpa lemak atau kolesterol.

4. Semua Jenis Kecap Sama

Ada perbedaan signifikan antara kecap asin dan kecap manis. Kecap asin memiliki rasa yang lebih asin dan cair, sementara kecap manis ditambah gula sehingga memiliki rasa lebih manis.

5. Hanya untuk Masakan Asia

Meskipun kecap sangat populer di Asia Tenggara, ia juga digunakan di seluruh dunia dalam berbagai masakan, termasuk di Eropa dan Amerika.

6. Harus Disimpan di Kulkas

Kecap biasanya dapat disimpan di suhu ruangan dan akan tetap baik selama beberapa bulan. Namun, untuk mempertahankan kualitasnya lebih lama, disarankan untuk menyimpan kecap di dalam kulkas setelah dibuka.

7. Mengandung Banyak MSG

MSG (monosodium glutamat) tidak lazim ditambahkan ke kecap. Rasa umami dalam kecap berasal dari fermentasi kedelai, bukan dari tambahan MSG.

8. Kaya Akan Gluten

Kecap tradisional terbuat dari kedelai dan garam, sehingga biasanya bebas gluten. Namun, perlu memeriksa label untuk produk-produk dengan tambahan lain yang mungkin mengandung gluten.

9. Tidak Bermanfaat Secara Gizi

Meskipun kecap tidak mengandung banyak nutrisi, ia mengandung beberapa protein dan mineral dari kedelai.

10. Tidak Perlu Digunakan dalam Diet Sehat

Sebagai bumbu rendah kalori, kecap bisa menjadi pilihan yang baik untuk menambahkan rasa pada makanan tanpa menambahkan banyak kalori tambahan.

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Kandungan Gandum, Wajib Tahu!

Kandungan Gandum – Gandum pada dasarnya terdiri dari beberapa komponen utama yang menyediakan...

10 Manfaat Kesehatan dari Gandum

Manfaat Gandum – Gandum utuh telah lama dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya akan...

10 Mitos Gandum yang Perlu Dibantah!

Mitos Gandum – Gandum adalah salah satu sumber makanan pokok yang penting di seluruh dunia...

10 Fakta Menarik tentang Gandum

Fakta Gandum – Gandum adalah salah satu tanaman biji-bijian yang paling penting dan banyak...