Young On Top

10 Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Televisi dan Film

Mata Kuliah Televisi dan Film – Punya cita-cita jadi sutradara atau produser film? Atau mungkin mau jadi editor video yang handal? Jurusan televisi dan film bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu. Di jurusan ini, kamu bakal belajar banyak hal yang menarik dan tentunya mendukung karier di industri kreatif. Nah, berikut ini adalah 10 mata kuliah yang bakal kamu pelajari di jurusan televisi dan film.

Baca juga:

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Televisi dan Film

10 Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Televisi dan Film

1. Pengantar Produksi Film

Di mata kuliah ini, kamu akan belajar dasar-dasar produksi film, mulai dari konsep cerita, pembuatan naskah, sampai proses syuting. Kamu juga akan dikenalkan dengan berbagai peran dalam produksi film, seperti sutradara, produser, dan kameramen.

2. Teknik Pengambilan Gambar

Di sini, kamu bakal belajar gimana caranya mengambil gambar yang baik dan sesuai dengan skenario. Kamu akan diajari teknik-teknik dasar pengambilan gambar, komposisi, dan penggunaan kamera.

3. Editing Video

Editing video itu seni memotong dan menyatukan gambar-gambar yang udah diambil jadi sebuah cerita yang menarik. Mata kuliah ini bakal ngajarin kamu software editing seperti Adobe Premiere atau Final Cut Pro dan teknik-teknik dasar editing video.

4. Penulisan Skenario

Nggak ada film yang bagus tanpa skenario yang kuat. Di mata kuliah ini, kamu akan belajar gimana cara nulis skenario yang menarik dan sesuai dengan format yang berlaku di industri.

5. Penyutradaraan

Mata kuliah ini khusus buat kamu yang punya mimpi jadi sutradara. Kamu bakal belajar tentang tugas-tugas sutradara, mulai dari pre-produksi sampai post-produksi, termasuk cara mengarahkan pemain dan kru film.

6. Produksi Televisi

Selain film, kamu juga bakal belajar tentang produksi acara televisi. Mata kuliah ini mencakup segala aspek produksi televisi, dari perencanaan acara, pembuatan naskah, sampai proses produksi dan penyiaran.

7. Sejarah Film dan Televisi

Biar kamu lebih paham tentang perkembangan industri film dan televisi, mata kuliah ini bakal ngajak kamu untuk belajar sejarah dan perkembangan teknologi serta tren dalam dunia film dan televisi dari masa ke masa.

8. Sinematografi

Sinematografi itu seni visual dalam film. Di sini, kamu bakal belajar tentang pencahayaan, warna, dan komposisi gambar untuk menghasilkan visual yang menarik dan sesuai dengan mood cerita.

9. Sound Design

Suara itu bagian penting dari film. Mata kuliah ini bakal ngajarin kamu tentang perekaman suara, editing suara, dan pencampuran suara biar hasil akhirnya terdengar bagus dan mendukung cerita yang ditampilkan.

10. Manajemen Produksi

Produksi film dan televisi butuh perencanaan yang matang. Mata kuliah ini bakal ngajarin kamu cara mengatur anggaran, jadwal produksi, dan logistik lainnya biar proses produksi bisa berjalan lancar dan efisien.

Itulah 10 mata kuliah yang bakal kamu pelajari di jurusan televisi dan film. Setiap mata kuliah dirancang buat ngembangin kemampuan dan pengetahuan kamu dalam dunia produksi film dan televisi. Jadi, kalau kamu punya passion di bidang ini, jurusan televisi dan film bisa jadi pilihan yang tepat buat mengejar mimpi kamu!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

Kenapa Perempuan Perlu Sekolah Tinggi? Ini Jawabannya!

Perempuan Sekolah Tinggi – Pada salah satu sesi Young On Top National Conference (YOTNC) 2024...

10 Kelebihan Rutin Donasi

Kelebihan Rutin Donasi – Hidup kok rasanya hambar banget ya, apa-apa sekarang bisa menimbulkan...

10 Tips Mencegah Digigit Nyamuk

Tips Mencegah Digigit Nyamuk – Pernah nggak sih lagi duduk lama, terus bandan bentol-bentol...

10 Fun Fact dari Negara India

Fun Fact dari Negara India – Kalo denger India ini pasti deh inget sama iconnya yaitu Taj...