Young On Top

10 Kesalahan Umum dalam Onboarding dan Cara Menghindarinya

Kesalahan Umum dalam Onboarding  – Onboarding itu proses yang krusial banget buat karyawan baru. Kalau onboarding nggak efektif, bisa bikin karyawan jadi nggak betah dan produktivitas menurun. Nah, biar onboarding di tempat kerja kamu sukses, yuk kenali 10 kesalahan umum dalam onboarding dan cara menghindarinya!

Baca juga:

Kesalahan Umum dalam Onboarding dan Cara Menghindarinya

10 Kesalahan Umum dalam Onboarding dan Cara Menghindarinya

1. Kurang Persiapan

Kesalahan: Banyak perusahaan yang nggak siap ketika karyawan baru mulai bekerja. Akibatnya, karyawan jadi merasa nggak diterima dan bingung harus ngapain.

Cara Menghindarinya: Buat checklist onboarding sebelum karyawan baru mulai bekerja. Pastikan semua perlengkapan kerja siap, seperti komputer, email, dan akses ke sistem internal.

2. Tidak Ada Orientasi

Kesalahan: Karyawan baru langsung disuruh kerja tanpa orientasi yang memadai. Mereka jadi nggak ngerti budaya perusahaan dan siapa aja yang harus dihubungi.

Cara Menghindarinya: Adakan sesi orientasi untuk memperkenalkan budaya perusahaan, visi misi, dan struktur organisasi. Kenalkan juga rekan kerja dan atasan langsung mereka.

3. Informasi Berlebihan

Kesalahan: Memberikan terlalu banyak informasi dalam waktu singkat bisa bikin karyawan baru kewalahan dan bingung.

Cara Menghindarinya: Berikan informasi secara bertahap dan pastikan ada waktu untuk karyawan baru memahami setiap informasi yang diberikan.

4. Kurangnya Dukungan dari Atasan

Kesalahan: Atasan nggak terlibat dalam proses onboarding. Karyawan baru jadi merasa nggak punya dukungan dan arahan yang jelas.

Cara Menghindarinya: Atasan harus aktif terlibat dalam proses onboarding. Jadwalkan pertemuan rutin untuk memberikan feedback dan membantu karyawan baru beradaptasi.

5. Tidak Ada Mentor

Kesalahan: Karyawan baru dibiarkan belajar sendiri tanpa bantuan mentor. Ini bisa bikin proses adaptasi jadi lebih lama.

Cara Menghindarinya: Tetapkan mentor untuk setiap karyawan baru. Mentor bisa membantu menjawab pertanyaan dan memberikan panduan selama masa adaptasi.

6. Ekspektasi yang Nggak Jelas

Kesalahan: Karyawan baru nggak tahu apa yang diharapkan dari mereka. Ini bisa bikin mereka merasa bingung dan frustasi.

Cara Menghindarinya: Jelaskan ekspektasi kerja dengan jelas sejak awal. Sampaikan apa saja tugas dan tanggung jawab mereka, serta indikator keberhasilan yang diharapkan.

7. Tidak Ada Feedback

Kesalahan: Karyawan baru nggak menerima feedback selama masa onboarding. Mereka jadi nggak tahu apakah mereka sudah bekerja dengan baik atau belum.

Cara Menghindarinya: Berikan feedback secara rutin selama masa onboarding. Ini membantu karyawan baru untuk mengetahui apa yang sudah baik dan apa yang perlu diperbaiki.

8. Proses Onboarding yang Terlalu Singkat

Kesalahan: Onboarding hanya dilakukan dalam waktu singkat dan nggak memberikan cukup waktu untuk karyawan baru beradaptasi.

Cara Menghindarinya: Perpanjang masa onboarding hingga beberapa bulan. Ini memberikan waktu yang cukup bagi karyawan baru untuk benar-benar memahami pekerjaan dan budaya perusahaan.

9. Kurangnya Pelatihan

Kesalahan: Karyawan baru nggak mendapatkan pelatihan yang memadai untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik.

Cara Menghindarinya: Sediakan pelatihan yang relevan dengan tugas dan tanggung jawab karyawan baru. Pastikan mereka merasa siap dan percaya diri untuk memulai pekerjaan.

10. Tidak Mengukur Keberhasilan Onboarding

Kesalahan: Perusahaan nggak mengukur keberhasilan proses onboarding. Akibatnya, mereka nggak tahu apakah onboarding yang dilakukan sudah efektif atau belum.

Cara Menghindarinya: Buat indikator keberhasilan onboarding dan ukur secara rutin. Evaluasi dan perbaiki proses onboarding berdasarkan feedback dari karyawan baru.

Onboarding yang efektif sangat penting untuk memastikan karyawan baru bisa beradaptasi dengan cepat dan bekerja dengan produktif. Hindari kesalahan-kesalahan di atas dan pastikan kamu merencanakan proses onboarding dengan baik. Selamat mencoba!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Poin Penting dari YOTNC 2024

Poin Penting YOTNC 2024 – Jakarta, 13 Juli 2024 – Event tahunan Young On Top kembali...

10 Manfaat Mobil Listrik untuk Lingkungan

Manfaat Mobil Listrik – Mobil listrik telah menjadi bagian integral dari revolusi transportasi...

10 Mitos Umum tentang Mobil Listrik

Mitos Mobil Listrik – Dalam beberapa tahun terakhir, mobil listrik telah menjadi sorotan utama...

10 Manfaat Big Data dalam Pelestarian Hutan

Manfaat Big Data – Big Data telah membuka banyak peluang baru dalam berbagai bidang, termasuk...