Young On Top

10 Kegiatan Interaktif untuk Onboarding Karyawan yang Seru

Kegiatan Interaktif Onboarding Karyawan – Onboarding karyawan itu penting banget buat membantu mereka merasa diterima dan siap menjalani peran baru mereka. Berikut ini ada 10 kegiatan interaktif yang bisa bikin proses onboarding jadi lebih seru dan menyenangkan.

Baca juga:

Kegiatan Interaktif untuk Onboarding Karyawan yang Seru

10 Kegiatan Interaktif untuk Onboarding Karyawan yang Seru

1. Tur Kantor Virtual

Dengan banyaknya kerja remote sekarang, tur kantor virtual bisa jadi solusi yang oke banget. Kamu bisa ajak karyawan baru jalan-jalan keliling kantor secara virtual, tunjukin ruangan-ruangan penting, dan kenalin mereka sama tim.

2. Sesi Tanya Jawab Santai

Sesi tanya jawab ini bisa dilakuin lewat video call atau chat grup. Karyawan baru bisa nanya apa aja yang mereka pengen tau tentang perusahaan atau peran mereka. Ini juga kesempatan buat kenalin mereka ke rekan kerja lain.

3. Mentoring dengan Senior

Mentoring ini bisa jadi cara yang efektif buat onboarding. Karyawan baru bisa belajar banyak dari pengalaman senior dan dapet panduan langsung. Plus, mereka jadi punya orang yang bisa diandalkan kalau butuh bantuan.

4. Ice Breaking Games

Permainan ice breaking bisa bantu karyawan baru kenal sama rekan kerja dengan cara yang fun. Permainan kayak ‘two truths and a lie’ atau ‘fun fact’ bisa jadi pilihan yang seru.

5. Workshop Interaktif

Adain workshop tentang topik-topik penting yang berhubungan sama pekerjaan mereka. Pastikan workshopnya interaktif, jadi mereka bisa aktif bertanya dan berpartisipasi.

6. Sesi Pengenalan Produk/ Layanan

Karyawan baru perlu paham produk atau layanan yang ditawarin perusahaan. Bikin sesi pengenalan yang menarik dan interaktif, bisa lewat presentasi atau demo langsung.

7. Project Kolaborasi Kecil

Ajak karyawan baru buat ikut dalam proyek kecil bareng tim. Ini bisa bantu mereka cepet beradaptasi dan ngerasain gimana kerja sama tim yang sesungguhnya.

8. Feedback Session

Adain sesi feedback setelah beberapa minggu mereka mulai kerja. Dengerin pengalaman mereka, apa yang mereka suka atau nggak, dan apa yang bisa diperbaiki. Ini nunjukin kalo perusahaan peduli sama perkembangan mereka.

9. Social Events Virtual

Adain acara sosial virtual kayak ‘happy hour’, ‘virtual lunch’, atau ‘game night’. Ini bisa bikin suasana jadi lebih santai dan karyawan baru bisa lebih kenal sama rekan kerja lainnya di luar konteks pekerjaan.

10. Portal Onboarding

Buat portal onboarding yang isinya informasi lengkap tentang perusahaan, panduan, dokumen penting, dan sebagainya. Pastikan portal ini mudah diakses dan user-friendly, jadi karyawan baru bisa belajar secara mandiri.

Dengan ngelakuin 10 kegiatan interaktif ini, proses onboarding di perusahaan kamu bakal jadi lebih menarik dan efektif. Karyawan baru bakal ngerasa lebih diterima, paham sama peran mereka, dan siap buat kontribusi maksimal di perusahaan. Selamat mencoba!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

YOTNC 2024: Sukses dan Kreatif Demi Menjadi Pembisnis Muda

Jakarta, 14 Juli 2024 – Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young...

YOTNC 2024: Tips Sukses dari Para Youngpreneur

Jakarta, 13 Juli 2024 – Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young...

Ribuan Peserta Hadir: YOTNC 2024, Konferensi Anak Muda Terbesar dari Young On Top Sukses Terselenggara!

Jakarta, 13 Juli 2024 – Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young...

YOTNC 2024: Generasi Emas atau Generasi Cemas?

Jakarta, 13 Juli 2024 – Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young...