Young On Top

10 Jenis-Jenis Mentega di Pasaran dan Kegunaannya

Jenis Mentega – Mentega adalah salah satu bahan dapur yang sering dipakai buat berbagai masakan. Mulai dari roti sampai masakan berat, mentega bikin makanan jadi lebih enak. Nah, ternyata ada banyak jenis mentega yang tersedia di pasaran, lho! Yuk, kita bahas 10 jenis mentega dan kegunaannya.

Baca juga:

Jenis-Jenis Mentega di Pasaran dan Kegunaannya

10 Jenis-Jenis Mentega di Pasaran dan Kegunaannya

1. Mentega Asin (Salted Butter)

Mentega asin ini yang paling umum dijumpai di dapur. Rasanya gurih karena ada tambahan garam. Biasanya dipakai buat olesan roti, bikin kue, atau masak sayur.

2. Mentega Tawar (Unsalted Butter)

Kalau mentega tawar nggak ada tambahan garam, jadi lebih cocok buat baking karena kamu bisa kontrol jumlah garam di resep. Juga sering dipakai buat saus atau adonan yang butuh rasa mentega murni.

3. Mentega Clarified (Ghee)

Ghee ini adalah mentega yang dipanaskan sampai air dan protein susunya terpisah, tinggal lemaknya aja. Lebih tahan panas tinggi, jadi cocok buat goreng atau tumis.

4. Mentega Whipped (Whipped Butter)

Mentega ini dikocok sampai ringan dan lembut. Biasanya dipakai buat olesan roti karena gampang dioles. Kalori per sendoknya juga lebih rendah karena ada udara yang ditambahkan.

5. Mentega Cultured (Cultured Butter)

Dibuat dari krim yang difermentasi dulu sebelum dikocok jadi mentega. Rasanya lebih asam dan kompleks. Cocok buat olesan roti atau bikin saus yang butuh rasa kaya.

6. Mentega Rendah Lemak (Light Butter)

Mentega ini kandungan lemaknya lebih sedikit karena ada tambahan air atau bahan lain. Biasa dipakai buat yang mau diet tapi tetep pengen rasa mentega di masakan.

7. Mentega Bumbu (Compound Butter)

Mentega yang dicampur dengan bumbu-bumbu kayak bawang putih, herba, atau rempah-rempah. Cocok buat olesan daging, sayur, atau roti panggang. Praktis dan nambah rasa.

8. Mentega Vegan (Vegan Butter)

Ini mentega yang nggak pakai produk hewani, biasanya terbuat dari minyak kelapa atau minyak nabati lainnya. Cocok buat kamu yang vegan atau punya alergi produk susu.

9. Mentega Sweet Cream (Sweet Cream Butter)

Dibuat dari krim segar tanpa fermentasi, rasanya lebih ringan dan manis. Biasa dipakai buat baking atau bikin makanan penutup karena rasa lembutnya yang khas.

10. Mentega Eropa (European Butter)

Mentega ini dibuat dari krim dengan kadar lemak lebih tinggi, rasanya lebih kaya dan creamy. Biasanya dipakai buat baking yang butuh tekstur lembut atau buat olesan roti premium.

Itulah 10 jenis mentega yang bisa kamu temukan di pasaran. Setiap jenis punya kegunaan dan keunggulan masing-masing, jadi pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan masakan kamu. Selamat mencoba dan bereksperimen di dapur!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Poin Penting dari YOTNC 2024

Poin Penting YOTNC 2024 – Jakarta, 13 Juli 2024 – Event tahunan Young On Top kembali...

10 Manfaat Mobil Listrik untuk Lingkungan

Manfaat Mobil Listrik – Mobil listrik telah menjadi bagian integral dari revolusi transportasi...

10 Mitos Umum tentang Mobil Listrik

Mitos Mobil Listrik – Dalam beberapa tahun terakhir, mobil listrik telah menjadi sorotan utama...

10 Manfaat Big Data dalam Pelestarian Hutan

Manfaat Big Data – Big Data telah membuka banyak peluang baru dalam berbagai bidang, termasuk...