Young On Top

10 Fakta Menarik Tentang Gelato, Dessert Favorit Banyak Orang

Fakta Menarik Tentang Gelato – Siapa sih yang nggak suka sama gelato? Dessert yang satu ini emang punya tempat khusus di hati banyak orang. Nggak cuma enak, tapi gelato juga punya banyak fakta menarik yang mungkin belum kamu tahu. Yuk, kita bahas 10 fakta menarik tentang gelato!

Baca juga:

Fakta Menarik Tentang Gelato, Dessert Favorit Banyak Orang

Fakta Menarik Tentang Gelato

1. Apa Bedanya Gelato dan Es Krim?

Mungkin kamu sering bingung apa bedanya gelato sama es krim. Sebenarnya, gelato punya tekstur yang lebih halus dan lembut dibanding es krim. Selain itu, gelato juga lebih sedikit kandungan lemaknya karena dibuat dengan susu lebih banyak daripada krim.

2. Asal Usul Gelato

Gelato pertama kali muncul di Italia pada abad ke-16. Kata “gelato” sendiri berasal dari bahasa Italia yang artinya “beku”. Jadi, nggak heran kalau gelato punya cita rasa yang otentik banget khas Italia.

3. Lebih Sehat dari Es Krim

Karena gelato dibuat dengan lebih sedikit krim dan lebih banyak susu, kandungan lemaknya lebih rendah daripada es krim. Jadi, kalau kamu lagi pengen dessert tapi tetap pengen jaga berat badan, gelato bisa jadi pilihan yang lebih baik.

4. Disajikan Lebih Dingin

Gelato biasanya disajikan pada suhu yang lebih rendah daripada es krim, sekitar -15°C. Ini bikin tekstur gelato jadi lebih lembut dan mudah dinikmati tanpa harus nunggu lama buat mencair.

5. Variasi Rasa yang Unik

Gelato punya variasi rasa yang lebih beragam dan unik dibandingkan es krim. Mulai dari rasa buah-buahan segar, cokelat premium, sampai rasa-rasa yang eksotis seperti basil atau rosemary.

6. Proses Pembuatan yang Spesial

Proses pembuatan gelato cukup berbeda dan lebih lambat dibanding es krim. Mesin gelato berputar lebih lambat sehingga lebih sedikit udara yang masuk, bikin teksturnya lebih padat dan creamy.

7. Tekstur yang Lebih Padat

Karena proses pembuatannya yang lebih lambat, gelato punya tekstur yang lebih padat dan nggak banyak mengandung udara. Hal ini bikin rasa gelato jadi lebih intens dan memuaskan di lidah.

8. Ramah Buat yang Alergi Laktosa

Buat kamu yang punya intoleransi laktosa, beberapa gelato dibuat khusus dengan bahan-bahan non-dairy seperti susu almond atau susu kelapa. Jadi, kamu tetap bisa menikmati gelato tanpa khawatir alergi.

9. Populer di Seluruh Dunia

Meskipun berasal dari Italia, gelato udah jadi favorit di seluruh dunia. Banyak toko gelato artisanal yang buka di berbagai negara, menyajikan gelato dengan cita rasa lokal yang unik.

10. Dessert Serbaguna

Gelato nggak cuma enak dimakan langsung, tapi juga bisa jadi bahan utama buat berbagai dessert lain. Kamu bisa coba buat affogato (gelato disiram espresso), gelato sandwich, atau bahkan gelato milkshake!

Nah, itu dia 10 fakta menarik tentang gelato. Dessert yang satu ini emang punya banyak kelebihan dan alasan buat jadi favorit banyak orang. Jadi, kalau kamu belum pernah coba, segera deh cari gelato terdekat dan nikmati sensasi manis dan lembutnya!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Kelebihan dari Jinten

Kelebihan dari Jinten – Banyak banget nih yang nggak asing sama bumbu dapur yang satu ini...

10 Kelebihan dari Pare untuk Tubuh

Kelebihan dari Pare – Banyak banget nih yang nggak suka sama sayuran yang satu ini, karena...

YOTNC: Your Network is Your Net Worth

YOTNC: Your Network is Your Net Worth – Di era modern yang serba kompetitif, membangun...

10 Efek Positif dari Rutin Piknik Keluarga

Efek Positif dari Rutin Piknik Keluarga – Keluarga Ayudia dan Ditto sering banget nih pergi...