Young On Top

10 Fakta Menarik tentang Baking Powder

Fakta Baking Powder – Baking powder adalah bahan yang sering digunakan dalam dunia baking untuk membantu adonan mengembang. Meski sering dianggap remeh, baking powder memiliki beberapa hal menarik yang patut diketahui. Berikut adalah 10 hal tentang baking powder:

10 Fakta Baking Powder

Baca Juga:

1. Fakta Baking Powder: Agen Pengembang Utama

Baking powder adalah agen pengembang yang digunakan dalam pembuatan kue, roti, dan pancake. Ini membantu adonan mengembang dengan menghasilkan gas karbon dioksida saat dipanaskan.

2. Fakta Baking Powder: Kombinasi Bahan

Baking powder adalah campuran dari baking soda (natrium bikarbonat), asam (seperti cream of tartar), dan bahan penstabil seperti amilum jagung. Kombinasi ini membantu menciptakan reaksi kimia yang diperlukan untuk mengembangkan adonan.

3. Fakta Baking Powder: Tidak Memerlukan Asam Eksternal

Berbeda dengan baking soda, baking powder tidak memerlukan tambahan asam dari bahan lain dalam resep. Ini karena baking powder sudah mengandung asam yang dibutuhkan untuk bereaksi dengan baking soda.

4. Double-Acting

Kebanyakan baking powder yang dijual di pasar adalah double-acting, yang berarti bereaksi dua kali—sekali saat terkena cairan dan sekali lagi saat dipanaskan. Ini memberikan pengembangan yang lebih andal dan stabil.

5. Penemuan di Abad ke-19

Baking powder ditemukan pada abad ke-19, yang secara signifikan merevolusi dunia baking dengan membuat proses pengembangan adonan lebih cepat dan mudah.

6. Pengganti Ragi

Baking powder digunakan sebagai pengganti ragi dalam banyak resep karena tidak memerlukan waktu fermentasi yang lama, sehingga lebih praktis untuk pembuatan kue dan roti cepat.

7. Tahan Lama

Baking powder memiliki umur simpan yang cukup lama jika disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Namun, baking powder yang sudah lama terbuka bisa kehilangan kemampuannya untuk mengembang.

8. Penting untuk Resep Tanpa Ragi

Baking powder sangat penting dalam resep-resep yang tidak menggunakan ragi, seperti cake, muffin, dan biscuit, untuk memastikan tekstur yang lembut dan mengembang.

9. Pengaruh pada Rasa

Meskipun tidak memberikan rasa yang signifikan, penggunaan baking powder yang tepat penting untuk menjaga keseimbangan rasa dalam produk akhir. Penggunaan berlebihan bisa meninggalkan rasa pahit.

10. Alternatif DIY

Jika kehabisan baking powder, Anda bisa membuatnya sendiri dengan mencampur 1 bagian baking soda dengan 2 bagian cream of tartar dan 1 bagian amilum jagung sebagai bahan penstabil.

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Mitos Tentang Umum Soda

Mitos Soda – Soda adalah minuman yang sering menjadi pusat perhatian dalam diskusi kesehatan...

10 Fakta Menarik Tentang Soda

Fakta Soda – Soda adalah minuman bersoda yang populer di seluruh dunia. Meskipun sering...

Pentingnya Ciptakan Lingkungan Aman dan Inklusif untuk Semua

Pentingnya Ciptakan Lingkungan Aman dan Inklusif untuk Semua – Masa muda bagaikan kanvas...

Cara Menggali Potensi Bagi Anak Muda

Cara Menggali Potensi Bagi Anak Muda – Masa muda adalah masa yang penuh dengan potensi dan...