Young On Top

10 Cara Memulai Karir di Bidang Purchasing bagi Pemula

Cara Memulai Karir Purchasing – Halo! Lagi cari cara buat mulai karir di bidang purchasing? Pas banget, di artikel ini kita bakal bahas 10 cara gampang buat kamu yang masih pemula di dunia purchasing. Yuk, simak selengkapnya!

Baca juga:

Cara Memulai Karir di Bidang Purchasing bagi Pemula

10 Cara Memulai Karir di Bidang Purchasing bagi Pemula

1. Pahami Dasar-dasar Purchasing

Sebelum terjun ke dunia purchasing, penting banget buat kamu ngerti dasar-dasarnya. Mulai dari proses pembelian, negosiasi dengan vendor, hingga manajemen stok. Kamu bisa baca buku, ikut kursus online, atau tanya-tanya sama yang udah berpengalaman.

2. Ikut Kursus atau Pelatihan

Kursus atau pelatihan bisa bantu kamu ngerti lebih dalam soal purchasing. Banyak kok, kursus online atau offline yang bisa kamu ikutin. Selain nambah ilmu, ini juga bisa jadi nilai plus di CV kamu.

3. Pelajari Software Purchasing

Sekarang ini, hampir semua perusahaan pake software buat bantu proses purchasing. Jadi, penting banget buat kamu belajar dan familiar sama software-software tersebut. Misalnya, SAP, Oracle, atau Microsoft Dynamics.

4. Jalin Hubungan Baik dengan Vendor

Dalam purchasing, punya hubungan baik sama vendor itu kunci. Kamu bisa dapet harga yang lebih baik dan pelayanan yang lebih cepat kalau punya hubungan yang solid. Jadi, mulai bangun jaringan dari sekarang ya!

5. Pahami Proses Negosiasi

Negosiasi itu seni yang penting dalam purchasing. Belajar teknik negosiasi yang baik bisa bantu kamu dapet deal yang lebih menguntungkan. Kamu bisa ikut workshop atau baca buku tentang negosiasi.

6. Magang di Perusahaan

Magang bisa jadi langkah awal yang bagus buat kamu. Selain nambah pengalaman, kamu juga bisa belajar langsung dari ahlinya. Cari perusahaan yang punya program magang di bagian purchasing.

7. Aktif di Komunitas Purchasing

Gabung di komunitas atau asosiasi profesional bisa bantu kamu nambah wawasan dan jaringan. Kamu bisa ikut seminar, workshop, atau diskusi yang sering diadain sama komunitas tersebut.

8. Perbanyak Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja itu penting banget. Mulai dari posisi entry level, misalnya asisten purchasing, dan terus kembangin karir kamu. Setiap pengalaman kerja bakal nambah skill dan pengetahuan kamu di bidang ini.

9. Tingkatkan Kemampuan Analisis

Purchasing itu gak cuma soal beli barang, tapi juga soal analisis kebutuhan dan perencanaan. Latih kemampuan analisis kamu dengan belajar data analysis dan statistik. Ini bakal jadi nilai tambah buat karir kamu.

10. Tetap Up-to-date dengan Tren Industri

Industri terus berubah dan berkembang. Jadi, penting buat kamu selalu update dengan tren dan teknologi terbaru di bidang purchasing. Baca artikel, ikut seminar, atau kursus buat tetap up-to-date.

Memulai karir di bidang purchasing emang butuh usaha dan persiapan yang matang. Tapi, dengan 10 cara di atas, kamu bisa mulai langkah pertama dengan lebih percaya diri. Selalu belajar dan jangan takut buat mencoba hal baru. Semoga sukses, ya!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

Panduan Membuat Rencana Bisnis Restoran yang Sukses

Membuat Rencana Bisnis Restoran – Bikin rencana bisnis restoran emang gak gampang, tapi kalau...

10 Tips Memulai Bisnis Restoran dari Nol

Tips Memulai Bisnis Restoran – Pengen punya bisnis restoran tapi bingung mulai dari mana?...

10 Kandungan Gandum, Wajib Tahu!

Kandungan Gandum – Gandum pada dasarnya terdiri dari beberapa komponen utama yang menyediakan...

10 Manfaat Kesehatan dari Gandum

Manfaat Gandum – Gandum utuh telah lama dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya akan...