Young On Top

10 Cara Membuat Popcorn Karamel yang Renyah dan Manis

Cara Membuat Popcorn Karamel – Siapa sih yang nggak suka popcorn karamel? Camilan yang satu ini memang jadi favorit banyak orang. Nah, buat kamu yang pengen bikin popcorn karamel sendiri di rumah, yuk simak 10 cara mudah berikut ini!

Baca juga:

Cara Membuat Popcorn Karamel yang Renyah dan Manis

10 Cara Membuat Popcorn Karamel yang Renyah dan Manis

1. Siapkan Bahan-Bahannya

Pertama-tama, kamu harus siapkan bahan-bahannya dulu. Kamu butuh jagung popcorn, gula pasir, mentega, garam, sirup jagung, dan baking soda. Bahan-bahan ini bisa kamu beli di supermarket terdekat.

2. Pop Jagungnya

Panaskan sedikit minyak di dalam panci besar dengan api sedang. Masukkan jagung popcorn dan tutup panci. Kocok panci sesekali sampai semua jagung meletup dan berubah jadi popcorn.

3. Buat Karamelnya

Dalam panci berbeda, lelehkan mentega dengan api sedang. Tambahkan gula pasir dan sirup jagung, aduk terus sampai gula larut dan campuran mendidih. Biarkan mendidih tanpa diaduk selama beberapa menit sampai warnanya berubah jadi keemasan.

4. Tambahkan Garam dan Baking Soda

Setelah karamel siap, matikan api dan tambahkan sedikit garam dan baking soda. Aduk cepat-cepat sampai baking soda tercampur rata. Baking soda ini akan membuat karamel jadi lebih lembut dan renyah.

5. Campurkan Popcorn dan Karamel

Tuang karamel ke atas popcorn yang sudah kamu buat tadi. Aduk sampai semua popcorn terlapisi karamel dengan merata. Pastikan kamu melakukan ini dengan cepat sebelum karamelnya mengeras.

6. Panggang di Oven

Untuk mendapatkan tekstur yang lebih renyah, panggang popcorn karamel di oven. Sebarkan popcorn di atas loyang yang sudah dilapisi kertas roti. Panggang di oven dengan suhu 120°C selama 30 menit, aduk setiap 10 menit.

7. Biarkan Dingin

Setelah dipanggang, biarkan popcorn karamel dingin dulu. Saat dingin, karamel akan mengeras dan popcorn jadi renyah.

8. Simpan di Wadah Kedap Udara

Kalau kamu nggak langsung menghabiskan popcorn karamel ini, simpan di wadah kedap udara biar tetap renyah dan nggak melempem.

9. Eksperimen dengan Rasa Lain

Kalau kamu suka berkreasi, coba tambahkan bahan-bahan lain ke dalam karamel. Misalnya, sedikit kayu manis, vanila, atau bahkan bubuk coklat. Jadinya popcorn karamel kamu bakal punya rasa yang unik.

10. Nikmati Bersama Keluarga dan Teman

Popcorn karamel ini paling enak dinikmati bareng keluarga atau teman-teman saat nonton film atau sekadar ngobrol santai. Kamu juga bisa menjadikannya camilan spesial di acara-acara tertentu.

Selamat mencoba membuat popcorn karamel yang renyah dan manis ini di rumah, ya! Jangan lupa share pengalaman kamu bikin popcorn karamel di kolom komentar.

Share the Post:

Recommended from Young On Top

Belajar Bisnis dari Pengusaha Muda BRILiaN 2024: Ayo Daftar!

Kamu pengusaha muda dengan ide brilian yang siap membuat perubahan besar? BRILiaN (BRI Learning...

Kenapa Perempuan Perlu Sekolah Tinggi? Ini Jawabannya!

Perempuan Sekolah Tinggi – Pada salah satu sesi Young On Top National Conference (YOTNC) 2024...

10 Kelebihan Rutin Donasi

Kelebihan Rutin Donasi – Hidup kok rasanya hambar banget ya, apa-apa sekarang bisa menimbulkan...