Young On Top

Teknik SQ3R untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca

Teknik SQ3R – Kamu suka baca buku tapi kadang suka lupa atau nggak paham sama isinya? Nah, ada satu teknik keren yang bisa bantu kamu buat ningkatin pemahaman membaca, namanya SQ3R. Teknik ini simple banget dan bakal bikin kamu lebih ngerti sama apa yang kamu baca. Yuk, kita kenalan lebih dekat sama teknik SQ3R ini!

Baca Juga:

Mengenal Teknik SQ3R untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca

Apa Itu SQ3R?

SQ3R itu singkatan dari Survey, Question, Read, Recite, dan Review. Teknik ini dikembangin buat ngebantu kamu dalam memahami dan mengingat informasi dari teks yang kamu baca. Berikut penjelasan tiap tahapannya:

1. Survey (Survei)

Langkah pertama, survei. Di sini kamu cukup lihat sekilas teks yang mau kamu baca. Cek judul, subjudul, gambar, tabel, dan paragraf pembuka atau penutup. Tujuannya biar kamu dapet gambaran umum tentang apa yang akan dibahas.

2. Question (Pertanyaan)

Setelah survei, bikin pertanyaan dari judul dan subjudul yang kamu lihat tadi. Misalnya, kalau judulnya “Manfaat Olahraga”, kamu bisa bikin pertanyaan seperti “Apa aja manfaat olahraga?” atau “Kenapa olahraga penting buat kesehatan?”. Pertanyaan ini bakal ngebantu kamu fokus dan lebih kritis pas baca nanti.

3. Read (Baca)

Sekarang waktunya baca! Bacalah teks dengan tujuan menjawab pertanyaan yang udah kamu bikin tadi. Fokus pada bagian yang penting dan jangan terburu-buru. Pahami tiap kalimat dan paragraf dengan baik.

4. Recite (Menyebutkan Kembali)

Setelah baca, coba jawab pertanyaan tadi tanpa lihat teks. Ini bisa kamu lakuin dengan menyebutkan kembali atau nulis di kertas. Langkah ini penting buat nguji seberapa paham kamu sama yang udah kamu baca.

5. Review (Meninjau Ulang)

Terakhir, tinjau ulang. Buka lagi teksnya dan cek jawaban kamu. Pastikan semua pertanyaan terjawab dengan benar dan kamu bener-bener ngerti isinya. Kalau ada yang belum jelas, baca lagi bagian tersebut.

Kenapa SQ3R Efektif?

Teknik SQ3R ini efektif karena bikin kamu lebih aktif dan fokus pas baca. Kamu nggak cuma baca pasif, tapi juga bertanya dan mencoba mengingat kembali informasi yang udah dibaca. Ini bikin otak kamu lebih terlatih dan informasi yang masuk jadi lebih mudah diingat.

Tips Tambahan

  • Praktik Terus-Menerus: Seperti skill lainnya, teknik SQ3R butuh latihan. Semakin sering kamu praktik, semakin lancar dan efektif teknik ini buat kamu.
  • Catat Poin Penting: Kalau nemu poin penting, catat deh. Ini bisa bantu kamu pas tinjau ulang nanti.
  • Jangan Terburu-buru: Ambil waktu yang cukup buat setiap tahap. Terburu-buru malah bikin kamu nggak maksimal dalam memahami teks.

Dengan teknik SQ3R ini, membaca jadi lebih efektif dan menyenangkan. Coba deh praktikkan teknik ini setiap kali kamu baca buku atau artikel, dijamin kamu bakal lebih paham dan ingat isinya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Mitos Tentang Umum Soda

Mitos Soda – Soda adalah minuman yang sering menjadi pusat perhatian dalam diskusi kesehatan...

10 Fakta Menarik Tentang Soda

Fakta Soda – Soda adalah minuman bersoda yang populer di seluruh dunia. Meskipun sering...

Pentingnya Ciptakan Lingkungan Aman dan Inklusif untuk Semua

Pentingnya Ciptakan Lingkungan Aman dan Inklusif untuk Semua – Masa muda bagaikan kanvas...

Cara Menggali Potensi Bagi Anak Muda

Cara Menggali Potensi Bagi Anak Muda – Masa muda adalah masa yang penuh dengan potensi dan...