Young On Top

Mengenal Sistem Kredit Semester (SKS) dalam Perkuliahan

Mengenal Sistem Kredit Semester – Hai, kamu mahasiswa baru atau calon mahasiswa yang lagi bingung sama istilah-istilah di dunia perkuliahan? Salah satu yang paling sering bikin bingung adalah Sistem Kredit Semester atau yang biasa disingkat SKS. Jangan khawatir, kali ini kita akan bahas SKS secara lengkap dan simpel. Yuk, simak 10 poin penting tentang SKS berikut ini!

Baca Juga:

Mengenal Sistem Kredit Semester (SKS) dalam Perkuliahan

Mengenal Sistem Kredit Semester (SKS) dalam Perkuliahan

1. Apa Itu SKS?

SKS atau Sistem Kredit Semester adalah satuan yang dipakai untuk mengukur beban studi mahasiswa di perguruan tinggi. Satu SKS biasanya setara dengan 1 jam pertemuan kelas per minggu selama satu semester.

2. Menghitung Beban SKS

Setiap mata kuliah punya jumlah SKS yang berbeda-beda, biasanya berkisar antara 2-4 SKS. Misalnya, kalau kamu ngambil mata kuliah dengan 3 SKS, berarti kamu harus siap mengikuti kelas itu selama 3 jam setiap minggu.

3. Jumlah SKS per Semester

Umumnya, mahasiswa ngambil 18-24 SKS per semester. Tapi, ini bisa bervariasi tergantung kebijakan kampus dan kemampuan kamu. Jangan terlalu memaksakan diri, ya!

4. Mengatur Jadwal Kuliah

Dengan sistem SKS, kamu bisa lebih fleksibel dalam mengatur jadwal kuliah. Kamu bisa pilih mata kuliah dan dosen yang kamu inginkan, sesuai dengan jadwal yang paling pas buat kamu.

5. Konsultasi dengan Dosen Pembimbing

Penting banget buat konsultasi sama dosen pembimbing akademik (PA) saat menentukan SKS yang akan diambil. Mereka bisa kasih saran terbaik supaya kamu bisa lulus tepat waktu tanpa terlalu terbebani.

6. Masa Studi

Sistem SKS memungkinkan kamu buat lulus lebih cepat atau lebih lama dari yang ditentukan. Kalau kamu ambisius dan sanggup, kamu bisa aja lulus dalam waktu kurang dari 4 tahun dengan ngambil SKS maksimal setiap semester.

7. Drop dan Add Mata Kuliah

Di awal semester, biasanya ada masa drop dan add mata kuliah. Ini waktu buat kamu mengganti atau menambah mata kuliah yang sudah kamu pilih sebelumnya. Jadi, kalau merasa salah pilih mata kuliah, masih ada kesempatan buat perbaiki.

8. IP dan IPK

Setiap mata kuliah yang kamu ambil akan dinilai dan punya bobot yang berpengaruh ke Indeks Prestasi (IP) tiap semester dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). IP dan IPK ini penting banget buat evaluasi kinerja akademik kamu.

9. Pengaruh SKS ke Biaya Kuliah

Di beberapa kampus, jumlah SKS yang kamu ambil bisa mempengaruhi biaya kuliah. Semakin banyak SKS yang diambil, biasanya biayanya juga semakin besar. Jadi, kamu harus bijak dalam memilih jumlah SKS yang diambil tiap semester.

10. Strategi Mengambil SKS

Buat strategi ngambil SKS yang efisien. Jangan asal ambil banyak SKS biar cepat lulus tapi akhirnya malah keteteran. Pilih mata kuliah yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu, dan pastikan kamu punya waktu cukup buat belajar dan beristirahat.

Semoga dengan penjelasan di atas, kamu jadi lebih paham tentang apa itu SKS dan gimana cara kerjanya. Selamat menempuh studi, dan jangan lupa buat selalu jaga kesehatan serta semangat belajar!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

YOTNC 2024: Reuni Para Big Circle Terkemuka

Jakarta, 13 Juli 2024 – Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young...

YOTNC 2024: Building Network & Business

Jakarta, 13 Juli 2024 – Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young...

YOTNC 2024: Mengupas Mindfulness Tentang Kesadaran Mental

Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young On Top National Conference...