Young On Top

10 Cara Praktis Memasak Roti Naan dengan Microwave

Cara Memasak Naan Microwave – Roti Naan merupakan salah satu jenis roti yang populer dalam masakan India, terkenal karena teksturnya yang lembut dan rasa yang khas. Meskipun biasanya roti naan dipanggang dalam tandoor, oven tradisional India, namun kamu juga bisa membuatnya dengan menggunakan microwave di rumah dengan cara yang praktis dan efisien. Berikut ini adalah panduan lengkap dalam 10 langkah untuk membuat roti naan dengan microwave.

Baca juga:

Cara Praktis Memasak Roti Naan dengan Microwave

Cara Praktis Memasak Roti Naan dengan Microwave

1. Persiapan Bahan-Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan roti naan, pastikan kamu telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Bahan utama yang kamu perlukan antara lain tepung terigu, yogurt plain, baking powder, gula, garam, dan mentega. Pastikan semua bahan dalam kondisi siap pakai dan suhu ruang.

2. Mencampur Bahan Kering

Langkah pertama adalah mencampur bahan kering. Ambil sebuah mangkuk besar, lalu campurkan tepung terigu, baking powder, gula, dan garam. Aduk rata menggunakan sendok atau spatula sampai semua bahan tercampur secara merata.

3. Menambahkan Yogurt dan Mentega

Setelah bahan kering tercampur dengan baik, tambahkan yogurt plain dan mentega cair ke dalam campuran tepung. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan baik dan membentuk tekstur adonan yang kental dan lembut.

4. Uleni Adonan

Uleni adonan dengan tangan selama beberapa menit di atas permukaan yang ditaburkan tepung terigu. Proses ini membantu mengembangkan gluten dalam tepung dan membuat tekstur roti naan menjadi lebih elastis dan lembut.

5. Istirahatkan Adonan

Setelah adonan terbentuk dengan baik, letakkan adonan di dalam mangkuk yang telah diolesi minyak atau diberi alas plastik. Tutup dengan kain bersih dan biarkan adonan istirahat selama minimal 1 jam. Proses istirahat ini memungkinkan adonan untuk mengembang dengan baik dan hasilnya akan lebih empuk saat dipanggang.

6. Bagi dan Gilas Adonan

Setelah adonan mengembang, bagi adonan menjadi beberapa bagian kecil sesuai dengan ukuran roti naan yang diinginkan. Bulatkan setiap bagian menjadi bola-bola kecil. Kemudian, gilas setiap bola adonan menggunakan rolling pin hingga membentuk lingkaran datar dengan ketebalan yang sesuai.

7. Panaskan Microwave

Sementara kamu menggilas adonan, panaskan microwave dengan setting tinggi selama beberapa menit. Pastikan microwave benar-benar panas sebelum kamu memasak roti naan.

8. Panggang Roti Naan

Setelah microwave panas, letakkan roti naan yang telah digilas ke dalamnya. Panggang roti naan selama sekitar 1-2 menit atau sampai naan mengembang dan bagian permukaannya berwarna kecokelatan. Perhatikan roti naan saat dipanggang agar tidak terlalu kering atau gosong.

9. Angkat dan Sajikan

Setelah matang, angkat roti naan dari microwave. Sajikan roti naan selagi hangat bersama dengan hidangan favorit seperti kari, daging panggang, atau sajian lainnya. Roti naan yang baru dipanggang memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang gurih, sempurna untuk dinikmati sebagai pendamping hidangan utama.

10. Tips Tambahan

  • Jika kamu menginginkan roti naan yang lebih aromatik, tambahkan sedikit bawang putih cincang atau biji wijen ke dalam adonan sebelum menguleni.
  • Selalu pastikan untuk menggunakan microwave dengan daya yang cukup tinggi agar proses memasak roti naan lebih efektif.

Dengan mengikuti panduan di atas, kamu bisa dengan mudah membuat roti naan lezat di rumah menggunakan microwave. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Mitos Tentang Umum Soda

Mitos Soda – Soda adalah minuman yang sering menjadi pusat perhatian dalam diskusi kesehatan...

10 Fakta Menarik Tentang Soda

Fakta Soda – Soda adalah minuman bersoda yang populer di seluruh dunia. Meskipun sering...

Pentingnya Ciptakan Lingkungan Aman dan Inklusif untuk Semua

Pentingnya Ciptakan Lingkungan Aman dan Inklusif untuk Semua – Masa muda bagaikan kanvas...

Cara Menggali Potensi Bagi Anak Muda

Cara Menggali Potensi Bagi Anak Muda – Masa muda adalah masa yang penuh dengan potensi dan...