Young On Top

Bubuk Kakao vs. Bubuk Coklat: Apa Bedanya?

Bedanya Bubuk Kakao Bubuk Coklat – Pernah gak sih kamu bingung bedain bubuk kakao sama bubuk coklat? Padahal, dua-duanya sering dipake buat bikin kue atau minuman coklat. Nah, kali ini kita bakal bahas perbedaan antara bubuk kakao dan bubuk coklat biar kamu gak salah beli lagi.

Baca juga:

Bubuk Kakao vs. Bubuk Coklat: Apa Bedanya?

Bubuk Kakao vs. Bubuk Coklat: Apa Bedanya?

1. Asal Usul Bahan

Bubuk kakao dan bubuk coklat sama-sama berasal dari biji kakao. Tapi, proses pengolahannya yang bikin mereka beda. Bubuk kakao dihasilkan dari biji kakao yang difermentasi, dikeringkan, dan dihancurkan jadi bubuk. Sementara bubuk coklat biasanya ditambah gula dan susu bubuk.

2. Proses Pengolahan

Bubuk kakao diproses dengan cara alami, tanpa tambahan bahan lain. Jadi, rasanya lebih pekat dan sedikit pahit. Sebaliknya, bubuk coklat diproses dengan tambahan bahan lain kayak gula dan susu, jadi rasanya lebih manis.

3. Kandungan Gizi

Bubuk kakao lebih kaya akan nutrisi seperti antioksidan, serat, dan zat besi. Ini karena bubuk kakao lebih alami dan minim proses tambahan. Sedangkan bubuk coklat punya kandungan gula dan lemak yang lebih tinggi.

4. Rasa

Karena tanpa tambahan gula, bubuk kakao punya rasa yang lebih pahit dibanding bubuk coklat. Kalau kamu suka rasa coklat yang otentik dan kuat, pilih bubuk kakao. Tapi kalau suka yang manis, bubuk coklat lebih cocok.

5. Kegunaan dalam Memasak

Bubuk kakao sering dipake buat bikin kue atau dessert yang butuh rasa coklat kuat, kayak brownies atau truffle. Sementara bubuk coklat lebih sering dipake buat minuman coklat atau kue yang pengen rasa manis.

6. Warna

Bubuk kakao biasanya punya warna lebih gelap dan pekat, sementara bubuk coklat cenderung lebih terang karena ada campuran gula dan susu.

7. Harga

Karena lebih murni dan proses pembuatannya lebih alami, bubuk kakao biasanya lebih mahal dibanding bubuk coklat.

8. Manfaat Kesehatan

Bubuk kakao dikenal punya banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan mood, menurunkan tekanan darah, dan kaya antioksidan. Bubuk coklat, karena ada tambahan gula, kurang punya manfaat kesehatan dibanding bubuk kakao.

9. Kadar Lemak

Bubuk kakao punya kadar lemak lebih rendah dibanding bubuk coklat. Jadi, kalau kamu lagi diet, bubuk kakao bisa jadi pilihan yang lebih sehat.

10. Daya Tahan

Bubuk kakao lebih tahan lama karena minim bahan tambahan. Bubuk coklat, karena ada kandungan susu dan gula, lebih cepat kadaluarsa.

Jadi, sekarang udah tau kan bedanya bubuk kakao sama bubuk coklat? Pilih sesuai kebutuhan dan selera kamu ya!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Kelebihan Rutin Donasi

Kelebihan Rutin Donasi – Hidup kok rasanya hambar banget ya, apa-apa sekarang bisa menimbulkan...

10 Tips Mencegah Digigit Nyamuk

Tips Mencegah Digigit Nyamuk – Pernah nggak sih lagi duduk lama, terus bandan bentol-bentol...

10 Fun Fact dari Negara India

Fun Fact dari Negara India – Kalo denger India ini pasti deh inget sama iconnya yaitu Taj...

10 Jenis Olahan Buah di Dunia

Jenis Olahan Buah di Dunia – Hidup kadang semakin kesana semakin kesini, rasanya capek banget...