Young On Top

Belajar Memahami 10 Prinsip Dasar Komposisi dalam Fotografi

Prinsip Dasar Komposisi Fotografi – Fotografi nggak cuma soal jepret-jepret aja. Biar hasil fotomu keren dan enak dipandang, kamu perlu ngerti prinsip dasar komposisi. Yuk, pelajari 10 poin penting ini biar fotomu makin oke!

Baca juga:

Belajar Memahami Prinsip Dasar Komposisi dalam Fotografi

Belajar Memahami Prinsip Dasar Komposisi dalam Fotografi

1. Rule of Thirds

Aturan ini simpel, tapi powerful. Bayangin ada dua garis horizontal dan dua garis vertikal di frame fotomu. Tempatin objek penting di perpotongan garis-garis itu. Hasilnya, fotomu bakal kelihatan lebih seimbang dan menarik.

2. Leading Lines

Garis-garis yang mengarahkan mata kita ke objek utama bisa bikin foto lebih dinamis. Misalnya, jalan, rel kereta, atau pagar. Garis-garis ini bantu memandu mata penonton langsung ke fokus utama fotomu.

3. Framing

Gunakan elemen di sekitar untuk ‘membingkai’ objek utama. Bisa pohon, jendela, atau pintu. Framing ini bantu narik perhatian ke objek utama dan ngasih konteks pada foto.

4. Simplicity

Kadang, lebih sedikit lebih baik. Hindari elemen yang terlalu ramai dan ganggu fokus. Pilih latar belakang yang bersih atau minimalis biar objek utamamu lebih standout.

5. Symmetry and Patterns

Simetri dan pola bisa jadi elemen menarik dalam foto. Mereka ngasih rasa harmoni dan keseimbangan. Temuin pola berulang atau elemen simetris di sekitar kamu dan manfaatin buat fotomu.

6. Depth

Buat foto kelihatan punya dimensi dengan menciptakan kedalaman. Gunakan foreground, middle ground, dan background. Misalnya, tempatkan objek di depan, tengah, dan belakang untuk ngasih ilusi tiga dimensi.

7. Background

Latar belakang bisa bikin atau ngerusak foto. Pilih latar belakang yang nggak ganggu dan bikin objek utamamu makin menonjol. Hindari latar belakang yang terlalu ramai atau penuh warna mencolok.

8. Balancing Elements

Pastikan elemen-elemen dalam foto seimbang. Misalnya, kalau ada objek besar di satu sisi, taruh objek lain di sisi berlawanan biar fotonya nggak berat sebelah.

9. Viewpoint

Eksperimen dengan sudut pandang. Jangan cuma motret dari eye level. Coba ambil foto dari atas, bawah, atau bahkan dari samping. Sudut pandang yang unik bisa bikin foto lebih menarik dan berbeda.

10. Cropping

Jangan ragu buat nge-crop fotomu. Cropping bisa bantu ngehilangin elemen yang nggak penting dan ngefokusin perhatian ke objek utama. Pastikan hasil cropping tetap mempertahankan komposisi yang baik.

Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip dasar ini, fotomu bakal naik level. Praktik terus dan eksplorasi gaya fotomu sendiri. Selamat berkarya, dan semoga fotomu makin ciamik!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

YOTNC 2024: Reuni Para Big Circle Terkemuka

Jakarta, 13 Juli 2024 – Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young...

YOTNC 2024: Building Network & Business

Jakarta, 13 Juli 2024 – Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young...

YOTNC 2024: Mengupas Mindfulness Tentang Kesadaran Mental

Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young On Top National Conference...