Young On Top

10 Tips Sukses dalam Wawancara Kerja untuk Posisi Barista

Tips Wawancara Kerja Barista – Lagi nyari kerja sebagai barista? Sebelum bisa meracik kopi di kafe impianmu, kamu harus melewati satu tahapan penting: wawancara kerja. Nah, biar wawancara kamu sukses dan bikin perekrut terkesan, yuk simak 10 tips berikut ini!

Baca Juga:

Tips Sukses dalam Wawancara Kerja untuk Posisi Barista

10 Tips Sukses dalam Wawancara Kerja untuk Posisi Barista

1. Pelajari Tentang Kafe Tempat Kamu Melamar

Sebelum datang ke wawancara, pastikan kamu tahu banyak tentang kafe tempat kamu melamar. Cek menu mereka, vibe kafe, dan nilai-nilai perusahaan. Pengetahuan ini bakal bikin kamu kelihatan lebih siap dan antusias.

2. Praktikkan Jawaban untuk Pertanyaan Umum

Ada beberapa pertanyaan yang hampir pasti ditanya, seperti “Kenapa kamu ingin jadi barista?” atau “Apa pengalamanmu di bidang ini?” Latih jawabanmu biar nggak gugup dan terdengar yakin saat menjawab.

3. Tunjukkan Pengetahuan tentang Kopi

Sebagai calon barista, pengetahuan tentang kopi adalah nilai plus. Pelajari jenis-jenis kopi, teknik penyeduhan, dan perbedaan rasa. Tunjukkan kalau kamu passionate di dunia kopi.

4. Penampilan yang Rapi dan Menarik

Penampilan itu penting, lho! Pastikan kamu datang dengan penampilan rapi dan menarik. Jangan lupa juga pakai pakaian yang sesuai dengan budaya kafe tempat kamu melamar.

5. Datang Tepat Waktu

Datang tepat waktu adalah hal wajib. Datang lebih awal sedikit lebih baik daripada terlambat. Ini menunjukkan kalau kamu orang yang menghargai waktu dan disiplin.

6. Bawa CV dan Dokumen Pendukung

Jangan lupa bawa CV terbaru dan dokumen pendukung lainnya. Meskipun kamu sudah kirim lewat email, membawa dokumen fisik menunjukkan kalau kamu siap dan profesional.

7. Bersikap Ramah dan Antusias

Sikap ramah dan antusias bisa jadi poin plus. Tunjukkan senyuman dan energi positif selama wawancara. Barista yang ramah pasti lebih disukai oleh pelanggan dan tim.

8. Ceritakan Pengalaman Kerja Sebelumnya

Jika kamu pernah bekerja sebagai barista atau di bidang layanan pelanggan, ceritakan pengalamanmu dengan detail. Jelaskan apa yang kamu pelajari dan bagaimana pengalaman itu bisa berguna di posisi ini.

9. Siapkan Pertanyaan untuk Pewawancara

Wawancara bukan hanya tentang kamu yang ditanya, tapi juga kesempatan buat kamu bertanya. Siapkan beberapa pertanyaan tentang kafe, tim, atau tanggung jawab pekerjaan. Ini menunjukkan ketertarikan dan keinginanmu untuk belajar lebih banyak.

10. Follow Up Setelah Wawancara

Setelah wawancara, kirim email terima kasih kepada perekrut. Ucapkan terima kasih atas waktunya dan sampaikan kembali antusiasme kamu untuk posisi tersebut. Ini menunjukkan profesionalisme dan perhatian terhadap detail.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bakal lebih siap dan percaya diri saat wawancara kerja untuk posisi barista. Semoga sukses dan semoga segera bisa meracik kopi di kafe impianmu! Good luck!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Poin Penting dari YOTNC 2024

Poin Penting YOTNC 2024 – Jakarta, 13 Juli 2024 – Event tahunan Young On Top kembali...

10 Manfaat Mobil Listrik untuk Lingkungan

Manfaat Mobil Listrik – Mobil listrik telah menjadi bagian integral dari revolusi transportasi...

10 Mitos Umum tentang Mobil Listrik

Mitos Mobil Listrik – Dalam beberapa tahun terakhir, mobil listrik telah menjadi sorotan utama...

10 Manfaat Big Data dalam Pelestarian Hutan

Manfaat Big Data – Big Data telah membuka banyak peluang baru dalam berbagai bidang, termasuk...