Young On Top

10 Tips Menghindari Serangan Hacker saat Pakai Jaringan Publik

Serangan Hacker Jaringan Publik – Menggunakan jaringan publik seperti WiFi di kafe, bandara, atau tempat umum lainnya emang praktis banget. Tapi, kamu juga harus waspada karena jaringan ini bisa jadi sasaran empuk buat hacker. Biar aman, yuk ikuti 10 tips berikut ini!

Baca Juga:

Tips Menghindari Serangan Hacker saat Pakai Jaringan Publik

10 Tips Menghindari Serangan Hacker saat Pakai Jaringan Publik

1. Hindari Transaksi Keuangan

Jangan pernah lakukan transaksi keuangan atau masuk ke akun sensitif seperti bank saat pakai jaringan publik. Hacker bisa mencuri informasi penting kamu.

2. Gunakan VPN

VPN (Virtual Private Network) bisa membantu melindungi data kamu dengan mengenkripsi koneksi internet. Jadi, meskipun hacker mencoba mencuri data, mereka cuma dapet data yang udah terenkripsi.

3. Periksa Keaslian Jaringan

Selalu pastikan kamu terhubung ke jaringan yang sah. Terkadang hacker bikin jaringan WiFi palsu dengan nama yang mirip buat jebak kamu.

4. Matikan Fitur Berbagi

Di pengaturan perangkat kamu, pastikan fitur berbagi (file sharing) dalam keadaan mati. Ini buat mencegah hacker mengakses file di perangkat kamu.

5. Gunakan HTTPS

Pastikan situs yang kamu akses menggunakan protokol HTTPS. Ini berarti data kamu akan dikirim secara aman dan terenkripsi.

6. Update Perangkat Lunak

Selalu update sistem operasi, browser, dan aplikasi di perangkat kamu. Pembaruan ini biasanya berisi perbaikan keamanan yang penting.

7. Nonaktifkan Koneksi Otomatis

Matikan pengaturan yang memungkinkan perangkat kamu terhubung otomatis ke jaringan WiFi. Dengan begitu, kamu bisa lebih waspada dan pilih jaringan yang aman.

8. Gunakan Antivirus

Instal dan aktifkan software antivirus di perangkat kamu. Antivirus bisa membantu mendeteksi dan mencegah serangan malware atau virus.

9. Jangan Sembarang Unduh

Hindari mengunduh file atau aplikasi dari sumber yang nggak dikenal saat terhubung ke jaringan publik. Ini bisa jadi pintu masuk malware ke perangkat kamu.

10. Hati-Hati dengan Informasi yang Dibagikan

Jangan sembarangan memasukkan atau membagikan informasi pribadi di jaringan publik. Lebih baik tunggu sampai kamu pakai jaringan yang aman.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa lebih aman saat menggunakan jaringan publik dan mengurangi risiko jadi korban serangan hacker. Tetap waspada dan selalu utamakan keamanan, ya!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Tips untuk Personal Assistant Pemula

Tips Personal Assistant Pemula – Halo kamu yang baru memulai karir sebagai personal assistant!...

10 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Personal Assistant

Kesalahan Dihindari Personal Assistant – Menjadi personal assistant (PA) bukan hal yang mudah...

10 Etika dan Profesionalisme Wajib Dimiliki Personal Assistant

Etika Profesionalisme Personal Assistant – Bekerja sebagai personal assistant itu nggak cuma...

10 Skill Utama yang Harus Dimiliki Personal Assistant

Skill Personal Assistant – Menjadi seorang Personal Assistant (PA) bukanlah pekerjaan yang...