Young On Top

10 Strategi Onboarding untuk Menurunkan Tingkat Turnover

Strategi Onboarding Menurunkan Turnover – Menurunkan tingkat turnover karyawan itu penting banget buat keberhasilan bisnis. Salah satu cara efektif untuk mencapai ini adalah lewat proses onboarding yang baik. Onboarding yang bagus nggak cuma bikin karyawan baru cepat adaptasi, tapi juga meningkatkan kepuasan dan loyalitas mereka. Berikut ini 10 strategi onboarding yang bisa kamu terapkan untuk menurunkan tingkat turnover.

Strategi Onboarding untuk Menurunkan Tingkat Turnover

10 Strategi Onboarding untuk Menurunkan Tingkat Turnover

1. Mulai Sebelum Hari Pertama

Jangan tunggu sampai hari pertama untuk mulai onboarding. Kirim email selamat datang dan informasi penting sebelum karyawan baru mulai kerja. Ini bisa bikin mereka merasa dihargai dan lebih siap untuk hari pertama.

2. Buat Rencana Onboarding yang Jelas

Rencana onboarding harus terstruktur dan mencakup semua yang perlu diketahui karyawan baru. Pastikan mereka tahu apa yang diharapkan dari mereka dan apa yang bisa mereka harapkan dari perusahaan.

3. Kenalkan dengan Tim dan Budaya Perusahaan

Ajak karyawan baru kenalan dengan anggota tim lainnya dan berikan informasi tentang budaya perusahaan. Ini bisa dilakukan lewat acara makan siang atau sesi perkenalan informal.

4. Berikan Mentor atau Buddy

Tunjuk seseorang yang bisa jadi mentor atau buddy buat karyawan baru. Mentor ini bisa membantu mereka memahami pekerjaan dan lingkungan kerja dengan lebih cepat.

5. Pelatihan yang Komprehensif

Pastikan karyawan baru mendapatkan pelatihan yang memadai tentang tugas mereka. Ini bisa berupa pelatihan teknis, pelatihan soft skills, atau pelatihan tentang produk dan layanan perusahaan.

6. Feedback dan Evaluasi Rutin

Selama masa onboarding, berikan feedback secara rutin. Ini penting supaya karyawan baru tahu apakah mereka sudah berada di jalur yang benar dan apa yang perlu diperbaiki.

7. Sediakan Sumber Daya yang Dibutuhkan

Pastikan karyawan baru punya semua alat dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk sukses. Ini bisa berupa akses ke perangkat lunak, buku panduan, atau sumber daya lainnya yang relevan.

8. Libatkan Manajemen Tinggi

Libatkan manajemen tinggi dalam proses onboarding. Kehadiran mereka bisa memberikan kesan positif dan menunjukkan bahwa perusahaan benar-benar peduli dengan karyawan baru.

9. Kembangkan Koneksi Sosial

Dorong karyawan baru untuk membangun koneksi sosial di tempat kerja. Ini bisa dilakukan lewat kegiatan tim, outing, atau acara sosial lainnya.

10. Tindak Lanjut Setelah Onboarding

Proses onboarding nggak berhenti setelah minggu pertama. Lakukan tindak lanjut beberapa bulan setelahnya untuk memastikan karyawan baru benar-benar sudah merasa nyaman dan bisa berkontribusi dengan baik.

Penerapan strategi-strategi di atas bisa membantu kamu menurunkan tingkat turnover karyawan secara signifikan. Onboarding yang baik nggak cuma soal administrasi, tapi juga soal menciptakan pengalaman yang positif bagi karyawan baru. Dengan begitu, mereka akan lebih termotivasi, merasa dihargai, dan loyal terhadap perusahaan.

Share the Post:

Recommended from Young On Top

YOTNC 2024: Sukses dan Kreatif Demi Menjadi Pembisnis Muda

Jakarta, 14 Juli 2024 – Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young...

YOTNC 2024: Tips Sukses dari Para Youngpreneur

Jakarta, 13 Juli 2024 – Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young...

Ribuan Peserta Hadir: YOTNC 2024, Konferensi Anak Muda Terbesar dari Young On Top Sukses Terselenggara!

Jakarta, 13 Juli 2024 – Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young...

YOTNC 2024: Generasi Emas atau Generasi Cemas?

Jakarta, 13 Juli 2024 – Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young...