Young On Top

10 Sertifikasi dan Pelatihan yang Diperlukan untuk Barista

Sertifikasi Pelatihan Barista – Menjadi barista nggak cuma tentang bikin kopi yang enak, tapi juga butuh skill dan pengetahuan yang luas. Nah, biar kamu jadi barista keren dan profesional, ada beberapa sertifikasi dan pelatihan yang bisa kamu ikuti. Yuk, simak 10 sertifikasi dan pelatihan yang penting buat barista!

Baca Juga:

Sertifikasi dan Pelatihan yang Diperlukan untuk Barista

10 Sertifikasi dan Pelatihan yang Diperlukan untuk Barista

1. SCA (Specialty Coffee Association) Barista Skills

Sertifikasi dari SCA ini salah satu yang paling bergengsi di dunia kopi. Pelatihan ini mencakup semua aspek, dari basic sampai advanced. Kamu bakal belajar tentang teknik penyeduhan, penanganan mesin espresso, dan banyak lagi.

2. Latte Art Training

Buat kamu yang pengen bikin kopi nggak cuma enak tapi juga cantik, pelatihan latte art wajib diikuti. Kamu bakal diajarin cara bikin berbagai desain menarik di atas latte, dari basic bentuk hati sampai rosetta yang rumit.

3. Q-Grader Certification

Kalau kamu serius di dunia kopi, Q-Grader Certification bisa jadi target kamu. Sertifikasi ini bikin kamu jadi ahli dalam mencicipi dan menilai kualitas kopi. Kamu bakal belajar tentang flavor notes, tingkat keasaman, dan banyak lagi.

4. Coffee Roasting Training

Nggak cuma bisa nyeduh, barista juga perlu ngerti cara menyangrai biji kopi. Pelatihan ini bakal ngasih kamu pengetahuan tentang proses roasting, dari green beans sampai jadi biji kopi yang siap diseduh.

5. SCA Coffee Brewing

Sertifikasi ini fokus pada berbagai metode penyeduhan kopi, seperti pour over, French press, dan Aeropress. Kamu bakal belajar tentang teknik penyeduhan yang tepat buat berbagai jenis kopi.

6. Food Safety and Hygiene Certification

Kebersihan itu penting banget, apalagi kalau kamu kerja di bidang makanan dan minuman. Sertifikasi ini ngajarin kamu tentang standar kebersihan dan cara menangani makanan dengan aman.

7. Customer Service Training

Jadi barista juga harus jago ngadepin pelanggan. Pelatihan ini bakal ngajarin kamu cara ngasih pelayanan yang ramah dan profesional, biar pelanggan puas dan balik lagi ke kafe kamu.

8. Coffee Sensory Training

Pelatihan ini fokus pada kemampuan mencicipi dan mengevaluasi kopi. Kamu bakal belajar tentang berbagai aroma dan rasa yang ada dalam kopi, serta cara mendeskripsikan flavor profile dengan tepat.

9. Espresso Machine Maintenance Training

Mesin espresso itu alat vital buat barista. Pelatihan ini ngajarin kamu cara merawat dan memperbaiki mesin espresso, biar tetap dalam kondisi prima dan nggak gampang rusak.

10. Mixology and Coffee Cocktails Training

Pengen jadi barista yang serba bisa? Pelatihan mixology dan coffee cocktails bisa jadi pilihan. Kamu bakal belajar cara bikin berbagai minuman berbasis kopi yang kreatif dan unik, seperti espresso martini dan Irish coffee.

Dengan mengikuti sertifikasi dan pelatihan ini, skill kamu sebagai barista bakal makin terasah dan kamu siap buat jadi barista profesional yang diakui. Jangan lupa terus belajar dan praktek ya, biar kemampuan kamu makin top!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

Kenapa Perempuan Perlu Sekolah Tinggi? Ini Jawabannya!

Perempuan Sekolah Tinggi – Pada salah satu sesi Young On Top National Conference (YOTNC) 2024...

10 Kelebihan Rutin Donasi

Kelebihan Rutin Donasi – Hidup kok rasanya hambar banget ya, apa-apa sekarang bisa menimbulkan...

10 Tips Mencegah Digigit Nyamuk

Tips Mencegah Digigit Nyamuk – Pernah nggak sih lagi duduk lama, terus bandan bentol-bentol...