Young On Top

10 Sekolah Kedinasan Paling Populer di Indonesia

Sekolah Kedinasan di Indonesia – Sekolah kedinasan di Indonesia jadi incaran banyak orang karena selain dapet pendidikan berkualitas, lulusannya juga punya peluang besar buat jadi PNS. Nah, buat kamu yang pengen masuk sekolah kedinasan, berikut ini ada 10 sekolah kedinasan paling populer di Indonesia yang bisa jadi pilihan kamu.

Baca Juga:

Sekolah Kedinasan Paling Populer di Indonesia

10 Sekolah Kedinasan Paling Populer di Indonesia

1. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

STAN adalah sekolah kedinasan di bawah Kementerian Keuangan yang terkenal banget. STAN ngasih program pendidikan di bidang keuangan dan akuntansi. Lulusan STAN biasanya ditempatkan di berbagai instansi pemerintah seperti Ditjen Pajak, Ditjen Bea dan Cukai, dan lain-lain.

2. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

IPDN berada di bawah Kementerian Dalam Negeri dan fokus pada pendidikan di bidang pemerintahan. Mahasiswa IPDN dididik buat jadi birokrat yang handal. Setelah lulus, mereka biasanya ditempatkan di berbagai instansi pemerintah di seluruh Indonesia.

3. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

STIS adalah sekolah kedinasan di bawah Badan Pusat Statistik (BPS). STIS ngasih pendidikan di bidang statistik dan ilmu komputer. Lulusannya biasanya ditempatkan di BPS dan instansi pemerintah lainnya yang butuh ahli statistik.

4. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

STIN berada di bawah Badan Intelijen Negara (BIN). STIN fokus pada pendidikan di bidang intelijen. Lulusan STIN bakal jadi bagian dari BIN dan punya tugas buat menjaga keamanan negara dari berbagai ancaman.

5. STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika)

STMKG berada di bawah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). STMKG ngasih pendidikan di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika, dan instrumentasi. Lulusan STMKG biasanya bekerja di BMKG atau instansi lain yang terkait.

6. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)

STSN berada di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). STSN fokus pada pendidikan di bidang sandi dan keamanan informasi. Lulusan STSN bakal ditempatkan di BSSN atau instansi lain yang butuh keahlian di bidang sandi.

7. STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat)

STTD berada di bawah Kementerian Perhubungan. STTD ngasih pendidikan di bidang transportasi darat, termasuk manajemen transportasi dan teknik sipil. Lulusan STTD biasanya bekerja di Kementerian Perhubungan atau instansi terkait lainnya.

8. PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN)

PKN STAN adalah transformasi dari STAN yang sebelumnya. PKN STAN ngasih pendidikan di bidang keuangan negara dengan program yang lebih luas dan komprehensif. Lulusannya tetap punya peluang besar buat bekerja di Kementerian Keuangan atau instansi pemerintah lainnya.

9. Poltek SSN (Politeknik Siber dan Sandi Negara)

Poltek SSN merupakan pengembangan dari STSN yang lebih fokus pada pendidikan di bidang siber dan keamanan informasi. Poltek SSN berada di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Lulusannya bakal ditempatkan di BSSN atau instansi lain yang butuh keahlian di bidang siber.

10. STP (Sekolah Tinggi Perikanan)

STP berada di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan. STP ngasih pendidikan di bidang perikanan dan kelautan. Lulusannya biasanya bekerja di Kementerian Kelautan dan Perikanan atau instansi terkait lainnya yang fokus pada pengelolaan sumber daya laut.

Sekolah kedinasan emang jadi pilihan menarik buat banyak orang yang pengen dapet pendidikan berkualitas dan punya karir cemerlang di instansi pemerintah. Setiap sekolah kedinasan punya fokus dan keunggulan masing-masing, jadi pastikan kamu pilih yang sesuai sama minat dan bakat kamu. Semoga artikel ini bisa bantu kamu buat menentukan pilihan yang tepat!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

Kenapa Perempuan Perlu Sekolah Tinggi? Ini Jawabannya!

Perempuan Sekolah Tinggi – Pada salah satu sesi Young On Top National Conference (YOTNC) 2024...

10 Kelebihan Rutin Donasi

Kelebihan Rutin Donasi – Hidup kok rasanya hambar banget ya, apa-apa sekarang bisa menimbulkan...

10 Tips Mencegah Digigit Nyamuk

Tips Mencegah Digigit Nyamuk – Pernah nggak sih lagi duduk lama, terus bandan bentol-bentol...

10 Fun Fact dari Negara India

Fun Fact dari Negara India – Kalo denger India ini pasti deh inget sama iconnya yaitu Taj...