Young On Top

10 Prospek Karir Lulusan STAN yang Menjanjikan

Prospek Karir Lulusan STAN – Kalau kamu lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), pasti udah nggak asing lagi sama reputasi sekolah ini. STAN dikenal sebagai sekolah yang mencetak para profesional di bidang keuangan dan perpajakan. Nah, buat kamu yang lagi bingung mau ngambil jurusan apa atau mau tau prospek karir setelah lulus, yuk simak 10 prospek karir lulusan STAN yang menjanjikan berikut ini!

Baca Juga:

Prospek Karir Lulusan STAN yang Menjanjikan


10 Prospek Karir Lulusan STAN yang Menjanjikan

 

1. Pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP)

Jadi pegawai di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) itu salah satu prospek karir paling populer buat lulusan STAN. Di sini, kamu bisa berperan dalam mengelola penerimaan pajak negara. Gajinya lumayan besar dan kesempatan karirnya pun terbuka lebar.

2. Auditor di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)

Kamu bisa jadi auditor di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Tugasnya adalah memeriksa laporan keuangan negara. Pekerjaan ini sangat penting karena berkaitan langsung dengan transparansi keuangan pemerintah.

3. Pegawai di Kementerian Keuangan

Lulusan STAN juga punya peluang besar untuk bekerja di Kementerian Keuangan. Kamu bisa ditempatkan di berbagai direktorat, seperti Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, atau Direktorat Jenderal Anggaran.

4. Akuntan Publik

Kamu bisa jadi akuntan publik yang bekerja di kantor akuntan publik (KAP). Tugas utamanya adalah memeriksa laporan keuangan perusahaan dan memastikan kepatuhan terhadap standar akuntansi.

5. Konsultan Pajak

Prospek karir lainnya adalah jadi konsultan pajak. Sebagai konsultan pajak, kamu akan membantu klien dalam menyusun laporan pajak dan memberikan saran tentang strategi pajak yang efektif.

6. Internal Auditor

Kamu juga bisa jadi internal auditor di perusahaan swasta atau BUMN. Tugasnya adalah memastikan semua proses keuangan berjalan sesuai prosedur dan mengidentifikasi potensi risiko.

7. Analis Keuangan

Sebagai analis keuangan, kamu akan menganalisis laporan keuangan perusahaan, membuat perencanaan keuangan, dan memberikan rekomendasi investasi. Pekerjaan ini sangat cocok buat kamu yang suka menganalisis data.

8. Akuntan Manajemen

Akuntan manajemen bertugas untuk mengelola keuangan perusahaan dan membuat laporan yang digunakan untuk pengambilan keputusan manajemen. Pekerjaan ini sangat strategis karena berhubungan langsung dengan kebijakan perusahaan.

9. Pegawai di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga jadi salah satu tempat yang sering diincar oleh lulusan STAN. Di sini, kamu bisa berperan dalam mengawasi dan mengatur industri jasa keuangan, seperti perbankan, pasar modal, dan asuransi.

10. Pengajar atau Dosen

Kalau kamu punya passion di bidang pendidikan, jadi pengajar atau dosen bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu bisa mengajar di STAN atau institusi pendidikan lainnya yang memiliki program studi akuntansi dan keuangan.

Itu dia 10 prospek karir lulusan STAN yang menjanjikan. Setiap pilihan punya tantangan dan kesempatan masing-masing. Jadi, pastikan kamu memilih karir yang sesuai dengan passion dan kemampuanmu. Selamat berkarir!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

Kenapa Perempuan Perlu Sekolah Tinggi? Ini Jawabannya!

Perempuan Sekolah Tinggi – Pada salah satu sesi Young On Top National Conference (YOTNC) 2024...

10 Kelebihan Rutin Donasi

Kelebihan Rutin Donasi – Hidup kok rasanya hambar banget ya, apa-apa sekarang bisa menimbulkan...

10 Tips Mencegah Digigit Nyamuk

Tips Mencegah Digigit Nyamuk – Pernah nggak sih lagi duduk lama, terus bandan bentol-bentol...