Young On Top

10 Mitos Tentang Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK)

Mitos Jurusan PWK – Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) sering kali dipenuhi dengan berbagai mitos yang bikin bingung calon mahasiswa. Yuk, kita bahas satu per satu!

Baca juga:

Mitos Tentang Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK)

10 Mitos Tentang Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK)

1. PWK Itu Cuma Belajar Peta

Banyak yang mikir kalau PWK cuma belajar baca peta dan bikin peta. Padahal, nggak cuma itu. Kamu bakal belajar tentang tata ruang, kebijakan publik, hingga masalah sosial dan lingkungan.

2. PWK Nggak Butuh Kreativitas

Ada yang bilang kalau PWK nggak butuh kreativitas. Salah besar! Di jurusan ini, kamu bakal sering ditantang untuk mikir kreatif buat ngatasin masalah-masalah perkotaan yang kompleks.

3. PWK Itu Gampang

Banyak yang nganggep PWK itu jurusan yang gampang. Faktanya, kamu bakal berhadapan dengan berbagai mata kuliah yang menantang, mulai dari statistik, hukum tata ruang, hingga analisis data.

4. Lulus PWK Jadi Tukang Survey

Orang sering bilang kalau lulusan PWK cuma bakal jadi tukang survey. Padahal, prospek kerja lulusan PWK luas banget, mulai dari konsultan, perencana kota, hingga pegawai negeri di instansi pemerintahan.

5. PWK Nggak Butuh Matematika

Siapa bilang? Di PWK, kamu tetap bakal ketemu matematika, terutama di mata kuliah seperti statistik, ekonomi perkotaan, dan analisis spasial.

6. PWK Itu Kerjaannya Cuma Duduk di Kantor

Banyak yang mikir kerjaan lulusan PWK cuma duduk di kantor. Padahal, kamu juga bakal sering turun ke lapangan buat observasi, wawancara, dan analisis langsung di lokasi.

7. PWK Nggak Penting di Indonesia

Ada yang bilang kalau jurusan ini nggak penting karena perencanaan di Indonesia nggak dipakai. Padahal, peran perencana sangat krusial buat pembangunan berkelanjutan dan penataan kota yang lebih baik.

8. PWK Itu Cuma Buat Cowok

Stereotip gender ini udah nggak relevan lagi. Jurusan PWK terbuka buat siapa aja, baik cowok maupun cewek. Banyak kok cewek yang sukses di bidang ini.

9. Kerjaan Lulusan PWK Itu Monoton

Banyak yang mikir kalau kerjaan di bidang perencanaan itu monoton. Faktanya, kamu bakal menghadapi berbagai tantangan baru setiap hari, mulai dari masalah lingkungan, sosial, hingga ekonomi.

10. PWK Nggak Ada Hubungannya Sama Teknologi

PWK justru sangat erat hubungannya dengan teknologi. Kamu bakal belajar berbagai software perencanaan dan analisis spasial seperti GIS (Geographic Information System) dan AutoCAD.

Nah, itu dia 10 mitos tentang jurusan PWK yang sering bikin salah paham. Jadi, buat kamu yang tertarik masuk jurusan ini, jangan ragu lagi ya! PWK menawarkan banyak peluang dan tantangan yang bisa mengasah kemampuanmu di berbagai bidang.

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Mitos Tentang Umum Soda

Mitos Soda – Soda adalah minuman yang sering menjadi pusat perhatian dalam diskusi kesehatan...

10 Fakta Menarik Tentang Soda

Fakta Soda – Soda adalah minuman bersoda yang populer di seluruh dunia. Meskipun sering...

Pentingnya Ciptakan Lingkungan Aman dan Inklusif untuk Semua

Pentingnya Ciptakan Lingkungan Aman dan Inklusif untuk Semua – Masa muda bagaikan kanvas...

Cara Menggali Potensi Bagi Anak Muda

Cara Menggali Potensi Bagi Anak Muda – Masa muda adalah masa yang penuh dengan potensi dan...