Young On Top

10 Mitos Kuliah di IPDN yang Perlu Kamu Ketahui

Mitos Kuliah di IPDN – Kuliah di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sering kali diselimuti berbagai mitos. Biar kamu gak salah paham, yuk kita bongkar satu per satu!

Baca Juga:

Mitos Kuliah di IPDN yang Perlu Kamu Ketahui

1. IPDN Hanya untuk yang Pintar Saja

Banyak yang mikir kalau IPDN cuma buat mereka yang nilainya selalu tinggi. Padahal, IPDN buka kesempatan buat siapa aja yang mau belajar dan punya niat buat jadi pegawai negeri sipil yang baik.

2. Masuk IPDN Pasti Karena Nepotisme

Mitos ini sering banget terdengar. Tapi kenyataannya, proses seleksi di IPDN sangat ketat dan transparan. Semua calon praja harus melewati serangkaian tes yang gak main-main.

3. Kuliah di IPDN Gak Punya Kehidupan Sosial

Ada yang bilang kalau kuliah di IPDN bikin kamu jadi antisosial. Nyatanya, mahasiswa IPDN justru punya banyak kegiatan sosial dan organisasi yang bisa diikuti, mulai dari olahraga sampai kegiatan seni.

4. Disiplin di IPDN Sangat Keras dan Menyiksa

Memang sih, disiplin di IPDN dikenal ketat. Tapi bukan berarti menyiksa. Semua aturan dibuat untuk membentuk karakter dan kedisiplinan calon praja biar siap menghadapi dunia kerja nanti.

5. Lulusan IPDN Pasti Langsung Jadi PNS

Ini juga gak sepenuhnya benar. Walau lulusan IPDN punya peluang besar jadi PNS, mereka tetap harus bersaing dengan lulusan dari universitas lain. Gak ada jaminan langsung diterima jadi PNS.

6. IPDN Tidak Memberikan Keterampilan Praktis

Banyak yang mikir kalau kuliah di IPDN cuma belajar teori pemerintahan. Padahal, mereka juga dapet pelatihan praktis yang langsung diterapkan di lapangan, lho.

7. Semua Lulusan IPDN Harus Jadi Pegawai Pemerintah

Mitos ini juga salah. Lulusan IPDN punya banyak pilihan karier, gak cuma jadi pegawai pemerintah. Banyak juga yang sukses di sektor swasta atau jadi pengusaha.

8. IPDN Hanya untuk Anak-Anak Kota Besar

Gak benar sama sekali. IPDN menerima mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Jadi, siapapun punya kesempatan yang sama buat kuliah di sana.

9. Biaya Kuliah di IPDN Mahal

Kuliah di IPDN justru relatif lebih terjangkau dibanding universitas lain, karena ada banyak subsidi dari pemerintah. Malahan, sebagian besar biaya ditanggung negara.

10. Kuliah di IPDN Gak Ada Tantangan

Sebaliknya, kuliah di IPDN penuh dengan tantangan. Mulai dari fisik, mental, sampai akademis. Tapi semua tantangan itu justru yang bikin kamu jadi pribadi yang kuat dan tangguh.

Jadi, jangan sampai mitos-mitos di atas bikin kamu ragu buat memilih IPDN sebagai tempat kuliahmu. Siapin diri sebaik mungkin, dan jangan lupa, yang paling penting adalah niat dan tekad yang kuat!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Strategi Pemasaran Efektif untuk Studio Foto

Strategi Pemasaran Studio Foto – Punya studio foto tapi bingung gimana caranya biar makin...

10 Ide Layanan untuk Meningkatkan Pendapatan Studio Foto

Ide Layanan Studio Foto – Bisnis fotografi sekarang semakin kompetitif, jadi kamu perlu ide...

10 Tips Memilih Lokasi yang Tepat untuk Studio Foto

Tips Memilih Lokasi Studio Foto – Memilih lokasi yang tepat buat studio foto nggak bisa...

Panduan Memulai Bisnis Studio Foto dari Nol

Panduan Bisnis Studio Foto – Mau mulai bisnis studio foto dari nol tapi bingung harus mulai...