Young On Top

10 Kandungan Teh Jasmine yang Bermanfaat

Kandungan Teh Jasmine – Teh jasmine, atau teh melati, terkenal dengan aroma khas dan rasa yang menenangkan. Selain itu, teh ini juga mengandung berbagai komponen yang memberikan manfaat kesehatan. Berikut adalah 10 nutrisi utama dalam teh jasmine dan manfaatnya:

10 Kandungan Teh Jasmine

Baca Juga:

1. Kandungan Teh Jasmine: Polifenol

Polifenol adalah antioksidan kuat yang ditemukan dalam teh jasmine. Mereka membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis, dan memiliki efek anti-inflamasi.

2. Kandungan Teh Jasmine: Katekin

Katekin, sejenis polifenol, berperan penting dalam meningkatkan kesehatan jantung dan metabolisme. EGCG (epigallocatechin gallate) adalah katekin utama yang dikenal karena efeknya dalam membantu penurunan berat badan dan melawan kanker.

3. Kandungan Teh JasmineL-theanine

L-theanine adalah asam amino yang dapat meningkatkan fungsi otak. Ini bekerja dengan meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres tanpa menyebabkan kantuk, serta meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan.

4. Kafein

Teh jasmine mengandung kafein, yang dapat meningkatkan energi, kewaspadaan, dan fokus. Kandungan kafein dalam teh jasmine biasanya lebih rendah dibandingkan dengan kopi, sehingga memberikan efek yang lebih lembut.

5. Vitamin C

Vitamin C dalam teh jasmine membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki jaringan tubuh, dan berfungsi sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas.

6. Flavonoid

Flavonoid adalah antioksidan yang membantu memperkuat dinding kapiler darah dan memiliki sifat anti-inflamasi. Mereka juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

7. Mangan

Mangan adalah mineral penting yang ditemukan dalam teh jasmine. Ini berperan dalam metabolisme tubuh, pembentukan tulang, dan melindungi sel dari kerusakan oksidatif.

8. Kalium

Kalium dalam teh jasmine membantu mengatur tekanan darah, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, dan mendukung fungsi otot dan saraf.

9. Vitamin B

Teh jasmine mengandung berbagai vitamin B, termasuk B2 (riboflavin) dan B6 (pyridoxine). Vitamin B membantu dalam produksi energi, fungsi otak, dan kesehatan kulit.

10. Tanin

Tanin memberikan rasa pahit dan astringen pada teh. Mereka memiliki sifat antioksidan dan membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mengurangi peradangan dan infeksi usus.

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Mitos Tentang Umum Soda

Mitos Soda – Soda adalah minuman yang sering menjadi pusat perhatian dalam diskusi kesehatan...

10 Fakta Menarik Tentang Soda

Fakta Soda – Soda adalah minuman bersoda yang populer di seluruh dunia. Meskipun sering...

Pentingnya Ciptakan Lingkungan Aman dan Inklusif untuk Semua

Pentingnya Ciptakan Lingkungan Aman dan Inklusif untuk Semua – Masa muda bagaikan kanvas...

Cara Menggali Potensi Bagi Anak Muda

Cara Menggali Potensi Bagi Anak Muda – Masa muda adalah masa yang penuh dengan potensi dan...