Young On Top

10 Cara Menghitung Kalori dalam Berbagai Jenis Sushi

Cara Menghitung Kalori Sushi – Sushi emang makanan yang populer banget, tapi kadang kita suka bingung gimana cara ngitung kalorinya. Tenang aja, di artikel ini bakal dikasih tahu 10 cara gampang buat ngitung kalori dalam berbagai jenis sushi. Yuk, langsung simak!

Baca Juga:

Cara Menghitung Kalori dalam Berbagai Jenis Sushi

10 Cara Menghitung Kalori dalam Berbagai Jenis Sushi

1. Pahami Bahan Dasar Sushi

Pertama-tama, kamu perlu paham bahan dasar sushi. Biasanya, sushi terdiri dari nasi, ikan, sayuran, dan kadang ada tambahan lainnya seperti telur atau krim keju. Tiap bahan punya jumlah kalori yang beda-beda.

2. Ukuran Porsi

Ukuran porsi sushi juga penting. Satu roll sushi biasanya terdiri dari 6-8 potong. Kalau kamu makan nigiri atau sashimi, satu porsi biasanya lebih kecil.

3. Nasi Sushi

Nasi sushi punya kalori lebih tinggi dibanding nasi biasa karena ada campuran gula dan cuka. Rata-rata, 1 roll sushi bisa mengandung sekitar 200 kalori dari nasi aja.

4. Jenis Ikan

Ikan yang dipakai buat sushi juga beda kalorinya. Misalnya, salmon dan tuna punya kalori lebih tinggi dibanding ikan putih seperti halibut atau cod. Rata-rata, 1 ons salmon atau tuna punya sekitar 40-50 kalori.

5. Tambahan Sayuran

Sayuran seperti timun, alpukat, atau wortel biasanya ditambahkan ke sushi. Kalorinya relatif rendah, tapi alpukat punya kalori lebih tinggi sekitar 50 kalori per ons.

6. Topping dan Saus

Beberapa sushi punya topping atau saus tambahan seperti mayones, krim keju, atau saus teriyaki. Ini bisa nambahin kalori secara signifikan. Mayones bisa nambah sekitar 90 kalori per sendok makan.

7. Tempura dan Gorengan

Kalau kamu suka sushi dengan tempura atau gorengan, siap-siap kalori tambahan. Satu potong tempura udang bisa mengandung sekitar 70 kalori.

8. Nigiri Sushi

Nigiri biasanya lebih simpel, terdiri dari nasi dan satu potong ikan di atasnya. Rata-rata, satu potong nigiri punya sekitar 60-70 kalori.

9. Sashimi

Kalau kamu pengen yang lebih sehat, pilih sashimi. Karena cuma terdiri dari ikan tanpa nasi, kalorinya jauh lebih rendah. Rata-rata, 1 ons sashimi hanya mengandung 30-40 kalori.

10. Gunakan Aplikasi atau Kalkulator Kalori

Buat lebih mudah, kamu bisa pakai aplikasi atau kalkulator kalori online. Masukin jenis sushi dan bahan-bahannya, nanti bakal keluar perkiraan jumlah kalorinya.

Menghitung kalori dalam sushi nggak susah kok, asal kamu tahu bahan-bahan dan porsinya. Dengan tips di atas, kamu bisa lebih sadar berapa kalori yang kamu konsumsi saat makan sushi. Jadi, tetap nikmati sushi favoritmu tanpa khawatir berlebihan!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Kandungan Gandum, Wajib Tahu!

Kandungan Gandum – Gandum pada dasarnya terdiri dari beberapa komponen utama yang menyediakan...

10 Manfaat Kesehatan dari Gandum

Manfaat Gandum – Gandum utuh telah lama dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya akan...

10 Mitos Gandum yang Perlu Dibantah!

Mitos Gandum – Gandum adalah salah satu sumber makanan pokok yang penting di seluruh dunia...

10 Fakta Menarik tentang Gandum

Fakta Gandum – Gandum adalah salah satu tanaman biji-bijian yang paling penting dan banyak...