Young On Top

10 Cara Mengatasi Insomnia Setelah Sering Begadang

Insomnia Setelah Begadang – Begadang memang kadang nggak bisa dihindari, entah karena pekerjaan, tugas kuliah, atau sekadar menikmati serial favorit sampai larut malam. Tapi, kalau sering begadang, bisa-bisa kamu malah kena insomnia. Nah, biar nggak kesulitan tidur lagi, coba deh beberapa cara berikut ini!

Baca Juga:

Cara Mengatasi Insomnia Setelah Sering Begadang

10 Cara Mengatasi Insomnia Setelah Sering Begadang

1. Bikin Jadwal Tidur Tetap

Bikin jadwal tidur yang konsisten setiap hari, termasuk di hari libur. Usahakan tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari. Ini bisa membantu tubuh kamu membangun ritme tidur yang sehat.

2. Kurangi Kafein dan Alkohol

Kafein dan alkohol bisa bikin kamu susah tidur. Hindari minum kopi, teh, soda, atau minuman berenergi setidaknya 6 jam sebelum tidur. Alkohol juga sebaiknya dihindari karena bisa mengganggu kualitas tidur kamu.

3. Ciptakan Suasana Kamar yang Nyaman

Pastikan kamar tidur kamu nyaman dan tenang. Atur suhu kamar, redupkan lampu, dan gunakan tirai untuk menghalangi cahaya dari luar. Kamu juga bisa pakai aroma terapi atau minyak esensial untuk menciptakan suasana yang menenangkan.

4. Hindari Layar Gadget Sebelum Tidur

Cahaya biru dari layar gadget bisa menghambat produksi melatonin, hormon yang membantu kamu tidur. Coba matikan gadget satu jam sebelum tidur dan lakukan aktivitas lain yang menenangkan seperti membaca buku atau meditasi.

5. Lakukan Relaksasi Sebelum Tidur

Coba lakukan teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, yoga, atau mendengarkan musik yang menenangkan sebelum tidur. Ini bisa membantu tubuh dan pikiran kamu lebih rileks dan siap tidur.

6. Hindari Makan Berat Sebelum Tidur

Makan berat sebelum tidur bisa bikin perut nggak nyaman dan susah tidur. Kalau lapar, pilih camilan ringan seperti buah atau yogurt yang nggak bikin perut kembung.

7. Batasi Tidur Siang

Tidur siang yang terlalu lama bisa mengganggu tidur malam kamu. Batasi tidur siang maksimal 20-30 menit dan usahakan nggak tidur siang terlalu sore.

8. Rutin Berolahraga

Olahraga teratur bisa membantu memperbaiki kualitas tidur. Tapi, jangan olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur karena bisa bikin kamu lebih segar dan susah tidur. Idealnya, lakukan olahraga minimal 3 jam sebelum tidur.

9. Kelola Stres

Stres bisa jadi salah satu penyebab insomnia. Coba cari cara untuk mengelola stres, seperti menulis jurnal, berbicara dengan teman, atau melakukan hobi yang kamu suka.

10. Konsultasi dengan Ahli

Kalau kamu sudah mencoba berbagai cara tapi tetap susah tidur, nggak ada salahnya konsultasi dengan dokter atau ahli tidur. Mereka bisa membantu menemukan penyebab insomnia kamu dan memberikan solusi yang tepat.

Dengan mencoba beberapa tips di atas, semoga insomnia kamu bisa teratasi dan kamu bisa tidur lebih nyenyak. Ingat, tidur yang cukup itu penting buat kesehatan dan kebahagiaan kamu!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

Belajar Bisnis dari Pengusaha Muda BRILiaN 2024: Ayo Daftar!

Kamu pengusaha muda dengan ide brilian yang siap membuat perubahan besar? BRILiaN (BRI Learning...

Kenapa Perempuan Perlu Sekolah Tinggi? Ini Jawabannya!

Perempuan Sekolah Tinggi – Pada salah satu sesi Young On Top National Conference (YOTNC) 2024...

10 Kelebihan Rutin Donasi

Kelebihan Rutin Donasi – Hidup kok rasanya hambar banget ya, apa-apa sekarang bisa menimbulkan...