Young On Top

10 Cara Mendeteksi Aktivitas Hacker di Jaringan Wi-Fi Rumah

Cara Mendeteksi Aktivitas Hacker – Jaringan Wi-Fi di rumah memang bikin hidup lebih praktis. Tapi, kamu juga harus waspada karena bisa aja ada hacker yang mencoba masuk ke jaringanmu. Nah, biar kamu bisa lebih tenang, yuk simak 10 cara mendeteksi aktivitas hacker di jaringan Wi-Fi rumah kamu.
Cara Mendeteksi Aktivitas Hacker di Jaringan Wi-Fi Rumah
Cara Mendeteksi Aktivitas Hacker

1. Monitor Penggunaan Bandwidth

Cek penggunaan bandwidth secara rutin. Kalau tiba-tiba ada lonjakan pemakaian yang nggak wajar padahal kamu nggak streaming atau download, bisa jadi ada yang nyusup ke jaringanmu.

2. Periksa Perangkat yang Terhubung

Masuk ke pengaturan router kamu dan lihat daftar perangkat yang terhubung. Kalau ada perangkat asing yang nggak dikenal, kemungkinan besar itu adalah hacker.

3. Perhatikan Lampu Indikator Router

Lampu indikator router bisa jadi tanda. Kalau lampu indikator berkedip terus padahal kamu lagi nggak pake Wi-Fi, bisa jadi ada aktivitas mencurigakan.

4. Gunakan Aplikasi Pengawas Jaringan

Ada banyak aplikasi yang bisa membantu kamu memantau jaringan Wi-Fi, seperti Fing atau NetSpot. Aplikasi ini bisa kasih tahu perangkat apa aja yang terhubung ke jaringan kamu.

5. Cek Log Aktivitas Router

Router biasanya punya log aktivitas yang bisa kamu akses. Di sini, kamu bisa lihat aktivitas apa aja yang terjadi di jaringanmu. Kalau ada aktivitas mencurigakan, segera ambil tindakan.

6. Aktifkan Notifikasi Keamanan

Beberapa router punya fitur notifikasi keamanan. Aktifkan fitur ini biar kamu bisa dapet notifikasi kalau ada perangkat baru yang terhubung ke jaringan kamu.

7. Perbarui Firmware Router

Firmware router yang up-to-date bisa membantu menutup celah keamanan yang bisa dimanfaatkan hacker. Jadi, pastikan kamu rutin memperbarui firmware router kamu.

8. Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Kata sandi yang kuat dan sulit ditebak bisa jadi benteng pertama untuk menghindari hacker. Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.

9. Gunakan WPA3

Kalau router kamu mendukung WPA3, pastikan kamu mengaktifkannya. WPA3 adalah protokol keamanan terbaru yang lebih sulit ditembus dibandingkan WPA2.

10. Matikan Wi-Fi Saat Tidak Digunakan

Kalau kamu lagi nggak pakai Wi-Fi, misalnya saat tidur atau pergi keluar rumah, lebih baik matikan saja. Ini bisa mengurangi risiko jaringanmu disusupi.

Jangan anggap remeh keamanan jaringan Wi-Fi rumah kamu. Dengan mengikuti 10 cara di atas, kamu bisa lebih tenang dan aman dari ancaman hacker. Selalu waspada dan pastikan jaringan Wi-Fi kamu aman, ya!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Kandungan Gandum, Wajib Tahu!

Kandungan Gandum – Gandum pada dasarnya terdiri dari beberapa komponen utama yang menyediakan...

10 Manfaat Kesehatan dari Gandum

Manfaat Gandum – Gandum utuh telah lama dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya akan...

10 Mitos Gandum yang Perlu Dibantah!

Mitos Gandum – Gandum adalah salah satu sumber makanan pokok yang penting di seluruh dunia...

10 Fakta Menarik tentang Gandum

Fakta Gandum – Gandum adalah salah satu tanaman biji-bijian yang paling penting dan banyak...