Young On Top

10 Cara Mendapatkan Pekerjaan Pertama sebagai Barista

Cara Mendapatkan Pekerjaan Barista – Pengen jadi barista tapi bingung mulai dari mana? Tenang, kamu nggak sendirian! Jadi barista bisa jadi langkah awal yang keren buat masuk ke dunia kopi. Nah, berikut ini ada 10 cara buat dapetin pekerjaan pertama kamu sebagai barista.

Baca Juga:

Cara Mendapatkan Pekerjaan Pertama sebagai Barista

10 Cara Mendapatkan Pekerjaan Pertama sebagai Barista

1. Pahami Dunia Kopi

Sebelum melamar, kamu harus paham dulu dunia kopi. Mulai dari jenis-jenis biji kopi, teknik brewing, sampai berbagai macam minuman kopi. Baca buku, tonton video di YouTube, atau ikuti akun-akun kopi di Instagram.

2. Ikuti Pelatihan Barista

Pelatihan barista bisa jadi modal penting buat kamu. Banyak kok tempat yang nyediain kursus barista, dari yang offline sampai yang online. Selain dapet ilmu, sertifikat dari pelatihan ini juga bisa jadi nilai tambah di CV kamu.

3. Praktek di Rumah

Nggak perlu langsung di kafe, kamu bisa mulai praktek di rumah. Beli alat-alat dasar buat brewing kopi dan coba buat berbagai jenis minuman. Semakin sering kamu praktek, semakin mahir kamu nantinya.

4. Buat CV yang Menarik

CV kamu harus mencerminkan minat dan kemampuan kamu di dunia kopi. Tulis pengalaman, pelatihan, dan keterampilan yang relevan. Jangan lupa untuk desain CV yang menarik tapi tetap profesional.

5. Coba Magang atau Kerja Part-Time

Kalau belum punya pengalaman, coba deh cari magang atau kerja part-time di kafe. Pengalaman ini bisa jadi batu loncatan buat kamu dapet pekerjaan barista full-time nantinya.

6. Bangun Jaringan di Dunia Kopi

Networking itu penting, lho! Ikuti acara-acara kopi, gabung di komunitas barista, atau ikut forum-forum online. Semakin banyak kamu kenal orang di industri ini, semakin besar peluang kamu dapet info lowongan pekerjaan.

7. Siapkan Portofolio

Buatlah portofolio yang berisi hasil karya kamu. Bisa berupa foto-foto minuman kopi yang kamu buat atau cerita pengalaman kamu selama belajar jadi barista. Portofolio ini bisa jadi bahan pertimbangan buat calon atasan kamu.

8. Melamar ke Banyak Tempat

Jangan cuma melamar ke satu tempat, tapi coba lamar ke banyak kafe atau coffee shop. Semakin banyak kamu melamar, semakin besar peluang kamu buat dipanggil interview.

9. Persiapkan Diri untuk Wawancara

Waktu dipanggil interview, persiapkan diri dengan baik. Pelajari profil kafe, latihan menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan, dan jangan lupa tampil rapi dan sopan.

10. Jangan Mudah Menyerah

Mendapatkan pekerjaan pertama memang nggak selalu mudah. Tapi, jangan cepat menyerah. Terus belajar, praktek, dan melamar pekerjaan. Percaya deh, usaha kamu pasti akan membuahkan hasil.

Itu dia 10 cara buat mendapatkan pekerjaan pertama sebagai barista. Semangat ya, kamu pasti bisa jadi barista yang keren! Tetap belajar dan jangan takut buat mencoba hal baru. Selamat mencoba!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Kelebihan Rutin Donasi

Kelebihan Rutin Donasi – Hidup kok rasanya hambar banget ya, apa-apa sekarang bisa menimbulkan...

10 Tips Mencegah Digigit Nyamuk

Tips Mencegah Digigit Nyamuk – Pernah nggak sih lagi duduk lama, terus bandan bentol-bentol...

10 Fun Fact dari Negara India

Fun Fact dari Negara India – Kalo denger India ini pasti deh inget sama iconnya yaitu Taj...

10 Jenis Olahan Buah di Dunia

Jenis Olahan Buah di Dunia – Hidup kadang semakin kesana semakin kesini, rasanya capek banget...