Young On Top

10 Cara Menanam dan Merawat Tanaman Lidah Buaya di Rumah

Cara Menanam Lidah Buaya – Lidah buaya atau aloe vera, punya banyak manfaat. Mulai dari perawatan kulit, rambut, hingga obat alami buat luka bakar. Nah, kamu bisa coba menanam dan merawat lidah buaya di rumah. Gampang kok! Yuk, simak 10 cara menanam dan merawat tanaman lidah buaya berikut ini.

Baca Juga:

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Lidah Buaya di Rumah

10 Cara Menanam dan Merawat Tanaman Lidah Buaya di Rumah

1. Pilih Bibit yang Sehat

Pertama, pastikan kamu pilih bibit lidah buaya yang sehat. Bibit yang bagus punya daun hijau segar, tebal, dan nggak ada tanda-tanda penyakit.

2. Gunakan Pot yang Tepat

Lidah buaya butuh pot yang punya lubang di bagian bawahnya buat drainase. Pilih pot dengan ukuran yang cukup besar supaya akar punya ruang buat tumbuh.

3. Media Tanam yang Cocok

Lidah buaya suka media tanam yang porous atau nggak terlalu padat. Kamu bisa campur tanah dengan pasir atau sekam bakar supaya air bisa mudah mengalir.

4. Tempatkan di Tempat yang Terkena Sinar Matahari

Lidah buaya butuh sinar matahari yang cukup. Tempatkan pot di area yang kena sinar matahari langsung minimal 6 jam sehari.

5. Penyiraman yang Tepat

Lidah buaya nggak butuh banyak air. Siram tanaman ini cukup 1-2 kali seminggu, tergantung kelembapan tanah. Jangan sampai tanah terlalu basah karena bisa bikin akar busuk.

6. Pupuk Secara Berkala

Beri pupuk organik atau kompos setiap 2-3 bulan sekali. Pupuk ini bantu lidah buaya tumbuh subur dan sehat.

7. Hindari Hama dan Penyakit

Selalu cek kondisi tanaman buat memastikan nggak ada hama atau penyakit. Kalau ada, segera bersihkan daun yang terkena atau semprot dengan larutan alami seperti campuran air dan sabun cuci piring.

8. Potong Daun yang Rusak

Potong daun yang rusak atau kering supaya nggak mengganggu pertumbuhan daun yang sehat. Gunakan gunting steril biar nggak nularin penyakit.

9. Reproduksi Lidah Buaya

Lidah buaya gampang banget buat dikembangbiakkan. Kamu cukup potong anakan yang tumbuh di sekitar tanaman induk dan pindahkan ke pot baru.

10. Perhatikan Lingkungan

Lidah buaya bisa tumbuh baik di dalam maupun luar ruangan. Tapi, pastikan lingkungannya sesuai. Kalau di dalam ruangan, tempatkan dekat jendela yang kena sinar matahari.

Dengan perawatan yang tepat, tanaman lidah buaya kamu bakal tumbuh subur dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Selamat mencoba!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Kandungan Gandum, Wajib Tahu!

Kandungan Gandum – Gandum pada dasarnya terdiri dari beberapa komponen utama yang menyediakan...

10 Manfaat Kesehatan dari Gandum

Manfaat Gandum – Gandum utuh telah lama dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya akan...

10 Mitos Gandum yang Perlu Dibantah!

Mitos Gandum – Gandum adalah salah satu sumber makanan pokok yang penting di seluruh dunia...

10 Fakta Menarik tentang Gandum

Fakta Gandum – Gandum adalah salah satu tanaman biji-bijian yang paling penting dan banyak...