Young On Top

10 Cara Memilih Kata Kunci yang Tepat untuk E-commerce

Cara Memilih Kata Kunci – Memilih kata kunci yang tepat buat e-commerce itu penting banget, biar toko online kamu bisa ditemukan banyak orang. Berikut ini ada 10 cara buat memilih kata kunci yang pas untuk e-commerce kamu. Yuk, simak!

Baca Juga:

Cara Memilih Kata Kunci yang Tepat untuk E-commerce

10 Cara Memilih Kata Kunci yang Tepat untuk E-commerce

1. Pahami Target Pasar Kamu

Kamu harus tahu siapa target pasar kamu. Apa yang mereka cari? Bagaimana mereka mencari produk yang mereka butuhkan? Dengan memahami target pasar, kamu bisa memilih kata kunci yang relevan dan tepat sasaran.

2. Gunakan Alat Penelitian Kata Kunci

Ada banyak alat gratis dan berbayar yang bisa kamu gunakan buat mencari kata kunci. Google Keyword Planner, Ubersuggest, Ahrefs, dan SEMrush adalah beberapa contohnya. Alat-alat ini bisa ngasih kamu ide kata kunci yang banyak dicari orang.

3. Perhatikan Kata Kunci Long-Tail

Kata kunci long-tail adalah kata kunci yang lebih spesifik dan biasanya lebih panjang. Misalnya, daripada hanya menggunakan “sepatu”, kamu bisa pakai “sepatu lari untuk wanita”. Kata kunci long-tail biasanya punya persaingan yang lebih rendah dan bisa menarik pengunjung yang lebih tertarget.

4. Analisis Kompetitor

Lihat apa yang dilakukan kompetitor kamu. Kata kunci apa yang mereka targetkan? Kamu bisa belajar dari mereka dan menemukan peluang baru yang mungkin terlewatkan.

5. Perhatikan Volume Pencarian dan Kesulitan Kata Kunci

Gunakan alat penelitian kata kunci buat lihat volume pencarian dan tingkat kesulitan dari setiap kata kunci. Pilih kata kunci yang punya volume pencarian tinggi tapi tingkat kesulitannya masih bisa kamu kejar.

6. Gunakan Kata Kunci LSI (Latent Semantic Indexing)

Kata kunci LSI adalah kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci utama kamu. Misalnya, kalau kata kunci utama kamu “sepatu lari”, kata kunci LSI bisa berupa “sepatu olahraga”, “sepatu jogging”, atau “sepatu fitness”. Kata kunci LSI bisa membantu mesin pencari memahami konten kamu lebih baik.

7. Pertimbangkan Intent Pengguna

Pahami maksud dari pencarian pengguna. Apakah mereka mencari informasi, ingin membeli produk, atau mencari review? Dengan memahami intent pengguna, kamu bisa memilih kata kunci yang sesuai dengan tujuan mereka.

8. Gunakan Google Suggest dan Related Searches

Google Suggest dan Related Searches bisa ngasih kamu ide kata kunci tambahan. Ketikkan kata kunci utama kamu di Google dan lihat saran yang muncul. Kamu juga bisa scroll ke bawah halaman hasil pencarian buat lihat pencarian terkait.

9. Manfaatkan Data Internal

Lihat data pencarian di situs kamu sendiri. Apa yang banyak dicari pengunjung di situs kamu? Gunakan data ini buat menemukan kata kunci yang relevan dengan produk dan layanan kamu.

10. Uji dan Evaluasi

Setelah memilih kata kunci, jangan lupa buat uji dan evaluasi. Lihat kata kunci mana yang memberikan hasil terbaik dan mana yang kurang efektif. Terus lakukan penyesuaian buat mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan mengikuti 10 cara ini, kamu bisa memilih kata kunci yang tepat untuk e-commerce kamu dan meningkatkan visibilitas toko online kamu di mesin pencari. Semoga bermanfaat!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Kelebihan Rutin Donasi

Kelebihan Rutin Donasi – Hidup kok rasanya hambar banget ya, apa-apa sekarang bisa menimbulkan...

10 Tips Mencegah Digigit Nyamuk

Tips Mencegah Digigit Nyamuk – Pernah nggak sih lagi duduk lama, terus bandan bentol-bentol...

10 Fun Fact dari Negara India

Fun Fact dari Negara India – Kalo denger India ini pasti deh inget sama iconnya yaitu Taj...

10 Jenis Olahan Buah di Dunia

Jenis Olahan Buah di Dunia – Hidup kadang semakin kesana semakin kesini, rasanya capek banget...