Young On Top

10 Cara Membuat Jamu Kunyit Asam di Rumah

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam – Jamu kunyit asam tuh udah jadi minuman tradisional yang terkenal banget di Indonesia. Selain rasanya enak, manfaat kesehatannya juga nggak main-main. Daripada beli, mending bikin sendiri di rumah. Yuk, simak 10 cara gampang bikin jamu kunyit asam!

Baca juga:

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam di Rumah

10 Cara Membuat Jamu Kunyit Asam di Rumah

1. Siapin Bahan-Bahan

Bahan utama buat jamu kunyit asam itu kunyit dan asam jawa. Nah, selain itu kamu juga butuh gula merah, air, dan sedikit garam. Kalo suka, bisa tambahin madu biar rasanya makin mantap.

Bahan:

  • 5 ruas kunyit segar
  • 2-3 potong asam jawa
  • 100 gram gula merah
  • 1 liter air
  • Sejumput garam
  • Madu (opsional)

2. Bersihin Kunyit

Kunyit yang kamu beli harus dibersihin dulu. Kupas kulitnya pake pisau kecil atau bisa juga pake sendok biar lebih gampang. Setelah itu, cuci bersih kunyitnya sampe nggak ada sisa tanah.

3. Parut atau Blender Kunyit

Setelah bersih, parut kunyit sampe halus. Kalo mau praktis, kamu bisa pake blender. Tambahin sedikit air biar lebih gampang ngeblendernya.

4. Rebus Kunyit

Parutan atau hasil blenderan kunyit tadi dimasukin ke panci, terus tuangin air. Rebus sampe mendidih sekitar 15-20 menit. Aduk sesekali biar nggak gosong di bagian bawah.

5. Tambahin Asam Jawa

Setelah kunyit direbus, masukkan potongan asam jawa. Aduk-aduk sampe asam jawanya larut di air rebusan kunyit.

6. Masukkan Gula Merah

Tambahkan gula merah ke dalam rebusan kunyit dan asam jawa. Aduk sampe gulanya larut sempurna. Kamu bisa cicipin dulu kalo kurang manis, tambahin lagi gulanya sesuai selera.

7. Tambahin Garam

Tambahin sejumput garam ke rebusan jamu. Garam ini bakal nambahin cita rasa dan seimbangin rasa manis dari gula merah.

8. Saring Rebusan Jamu

Setelah semua bahan tercampur dan mendidih, matikan api. Saring rebusan jamu pake saringan halus atau kain bersih biar ampas kunyitnya nggak kebawa.

9. Tambahin Madu (Opsional)

Kalo kamu suka rasa manis yang alami, bisa tambahin madu ke jamu kunyit asam yang udah disaring tadi. Aduk sampe madunya larut.

10. Sajikan dan Simpan

Jamu kunyit asam siap disajikan! Kamu bisa nikmatin dalam keadaan hangat atau dingin, tergantung selera. Kalo ada sisa, simpan di kulkas dalam botol atau wadah tertutup.

Tips Tambahan

  • Gunakan Kunyit Segar: Kunyit segar bakal bikin rasa jamu lebih enak dan khasiatnya juga lebih terasa.
  • Jangan Pakai Air Panas untuk Blender: Kalo kamu pake blender, jangan langsung tuangin air panas. Tunggu airnya hangat dulu biar blendernya nggak rusak.
  • Konsumsi Rutin: Buat dapetin manfaat kesehatan yang maksimal, minum jamu kunyit asam secara rutin.

Dengan 10 langkah di atas, kamu bisa bikin jamu kunyit asam sendiri di rumah dengan mudah. Selain lebih hemat, kamu juga bisa pastiin kualitas bahan yang dipake. Selamat mencoba!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

YOTNC 2024: Reuni Para Big Circle Terkemuka

Jakarta, 13 Juli 2024 – Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young...

YOTNC 2024: Building Network & Business

Jakarta, 13 Juli 2024 – Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young...

YOTNC 2024: Mengupas Mindfulness Tentang Kesadaran Mental

Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young On Top National Conference...

YOTNC 2024: Strategi Sukses Menjadi Content Creator

Dalam acara Yottalks kali ini, tiga pembicara hebat di dunia content creative berbagi wawasan dan...