Young On Top

10 Cara Membuat Gelato Sendiri di Rumah

Cara Membuat Gelato Sendiri – Mau nyoba bikin gelato sendiri di rumah? Ternyata nggak susah kok! Kamu bisa dapetin rasa yang lezat dan tekstur yang creamy tanpa harus keluar duit banyak. Yuk, simak 10 cara bikin gelato di rumah berikut ini!
Baca juga:
Cara Membuat Gelato Sendiri di Rumah

10 Cara Membuat Gelato Sendiri di Rumah

1. Pilih Bahan Berkualitas

Biar hasilnya enak, pastiin kamu pakai bahan-bahan berkualitas. Susu segar, krim, gula, dan bahan tambahan kayak cokelat atau buah-buahan harus dalam kondisi terbaik.

2. Gunakan Susu dan Krim

Campurin susu dan krim dalam panci. Rasio susu sama krim biasanya 3:1. Masak dengan api kecil sampai hampir mendidih, terus angkat dan diamkan sebentar.

3. Kocok Kuning Telur dan Gula

Sambil nunggu susu dan krim dingin, kocok kuning telur sama gula sampe warnanya pucat dan teksturnya mengembang. Ini penting buat dapetin tekstur gelato yang lembut.

4. Campur Semua Bahan

Tuang campuran susu dan krim secara perlahan ke dalam kocokan telur dan gula. Aduk rata, lalu masak lagi dengan api kecil sambil terus diaduk sampai mengental.

5. Tambahin Rasa Favoritmu

Saat campuran udah mengental, tambahin bahan-bahan rasa favoritmu. Bisa cokelat leleh, pure buah, atau vanili. Aduk rata biar rasa tersebar merata.

6. Dinginkan Campuran

Pindahin campuran ke mangkuk besar, terus dinginkan di kulkas selama beberapa jam. Semakin lama kamu dinginkan, semakin bagus tekstur gelato nanti.

7. Aduk dengan Mesin Es Krim

Kalau punya mesin es krim, ini saatnya buat dipakai. Masukin campuran ke dalam mesin dan biarkan bekerja sesuai instruksi. Kalau nggak punya, jangan khawatir!

8. Alternatif Tanpa Mesin

Kalau nggak punya mesin es krim, tuang campuran ke dalam wadah yang bisa ditutup. Simpan di freezer dan aduk setiap 30 menit selama 3-4 jam biar esnya nggak mengkristal.

9. Simpan dengan Benar

Setelah teksturnya pas, pindahin gelato ke wadah yang lebih kecil dan tutup rapat. Simpan di freezer sampai siap disajikan.

10. Sajikan dengan Topping

Saatnya menikmati hasil karya sendiri! Sajikan gelato dengan topping favoritmu kayak cokelat serut, buah segar, atau kacang. Dijamin lebih nikmat!

Tips Tambahan:

  • Eksperimen dengan Rasa: Jangan takut coba-coba kombinasi rasa baru. Misalnya, matcha dengan kacang merah atau kopi dengan karamel.
  • Perhatikan Suhu: Selalu masak dengan api kecil dan hindari mendidih biar bahan nggak pecah atau mengental terlalu cepat.
  • Coba Versi Vegan: Ganti susu dan krim dengan susu almond atau santan buat versi vegan yang nggak kalah enak.

Selamat mencoba dan semoga sukses bikin gelato sendiri di rumah! Jangan lupa, latihan bikin sempurna. Semakin sering kamu coba, semakin jago deh bikin gelato. Happy cooking!

Share the Post:

Recommended from Young On Top

10 Kelebihan dari Jinten

Kelebihan dari Jinten – Banyak banget nih yang nggak asing sama bumbu dapur yang satu ini...

10 Kelebihan dari Pare untuk Tubuh

Kelebihan dari Pare – Banyak banget nih yang nggak suka sama sayuran yang satu ini, karena...

YOTNC: Your Network is Your Net Worth

YOTNC: Your Network is Your Net Worth – Di era modern yang serba kompetitif, membangun...

10 Efek Positif dari Rutin Piknik Keluarga

Efek Positif dari Rutin Piknik Keluarga – Keluarga Ayudia dan Ditto sering banget nih pergi...